Pilwali Surabaya

Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Surabaya Eri-Armuji Unggul di Survei SMRC, Ini Respon Partai

Elektabilitas Eri-Armudji Terus Naik Versi Survei SMRC, Ini Respon PDI Perjuangan

surya.co.id/ahmad zaimul haq
DEBAT PUBLIK II - Paslon Eri Cahyadi-Armuji beradu program dalam debat publik II Pilwali Surabaya 2020 di Dyandra Convention Center, Rabu (18/11/2020). 

SURYA.co.id, SURABAYA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut masyarakat Surabaya yang luas terhadap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini akan memilih Eri Cahyadi di Pilkada Surabaya.

Hal ini terlihat dalam hasil penelitian terbarunya tentang Pilkada Surabaya yang dirilis Minggu (22/11/2020).

Berdasarkan hasil survei tersebut, 97 persen masyarakat Surabaya puas dengan kinerja Risma. Rinciannya, 59 persen menyatakan sangat puas dan 38 persen cukup puas.

"Tingkat kepuasan masyarakat di Surabaya terhadap Bu Risma cukup tinggi. Bahkan, hasil ini merupakan tergolong sangat tinggi dengan daerah lain yang juga pernah kami teliti," kata  Direktur Riset SMRC, Deni Irvani.

Dalam penelitian tersebut, Deni juga mengungkap keterkaitan kepuasan masyarakat Surabaya terhadap dampak di Pilkada. Ternyata mayoritas masyarakat Surabaya yang puas terhadap Risma cenderung memilih Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi dan Armuji.

"Figur Risma memang signifikan menambah elektabilitas pasangan calon nomor urut 1," katanya.

Selama ini, figur Eri Cahyadi memang lekat dengan ketokohan Risma. Selama masa kampanye, Risma bahkan turun langsung menyosialisasikan pencalonan dan program kerja Eri Cahyadi dan Armuji ke sudut Surabaya.

Sebelum maju dalam pencalonan, Eri Cahyadi juga merupakan birokrat kepercayaan Risma. Eri Cahyadi dalam jabatan terakhirnya di Pemkot Surabaya dipercaya sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Risma dalam beberapa kesempatan bertemu masyarakat pun kerap menyebut keberhasilannya memimpin Surabaya juga tak lepas dari tangan dingin Eri. Eri dinilai mampu menerjemahkan instruksinya di pemerintahan.

Dalam survei mereka, elektabilitas Eri-Armudji disebut mencapai 48,5 persen atau unggul dengan selisih 11,2 persen yang meraih elektabilitas 37,3 persen.

Sisanya (14,2 persen) masih belum menentukan pilihan. Survei ini digelar pada 11-18 November 2020 dengan sampel sebanyak 820 responden yang diwawancara secara tatap muka.

Responden dipilih melalui metode multistage random sampling. Toleransi kesalahan (margin of error) survei ini diperkirakan ±3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Disambut Positif

Sementara, PDI Perjuangan menyambut positif hasil survei terbaru lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap Pilkada Surabaya. Menyikapi hal tersebut, PDI Perjuangan menginstruksikan seluruh kader tak menurunkan ritme pemenangan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved