Breaking News:

Virus Corona di Ponorogo

Satu Lingkungan di Babadan Ponorogo Terpapar Covid-19

Satu lingkungan di Jalan Cinde Wilis, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, terpapar Covid-19.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sofyan Arif Candra Sakti
Satu lingkungan di Jalan Cinde Wilis, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, terpapar Covid-19, Senin (23/11/2020). 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Satu lingkungan di Jalan Cinde Wilis, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, terpapar Covid-19

Hal ini berawal dari seorang warga yang meninggal dunia, lalu dimakamkan dengan tidak memenuhi standar pemakaman pasien Covid-19.

"Pasien tersebut sempat dirawat di rumah sakit, namun tidak sampai 24 jam pasien tersebut meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Rahayu Kusdarini, Senin (23/11/2020).

Pihak rumah sakit sendiri sebenarnya sudah mengambil sampel swab dari pasien tersebut, namun hasilnya baru keluar beberapa hari setelah pasien meninggal.

"Ternyata hasil swabnya positif," lanjutnya.

Lima hari kemudian, anak dari pasien tersebut juga ikut sakit dan pada Kamis (19/11/2020), meninggal dunia.

Irin, sapaan akrab Rahayu Kusdarini mengatakan, pihaknya sudah melakukan tracing kepada keluarga dan tetangga yang sempat melayat ke rumah duka.

Lebih kurang ada 20 spesimen yang diambil, termasuk dua pasien yang sudah meninggal.

Hasilnya 11 warga dinyatakan positif Covid-19. Dari 11 tersebut, 6 pasien di antaranya adalah anggota keluarga dan 5 pasien lainnya adalah tetangga pasien.

"Beberapa yang kontak kita lakukan swab, ada yang positif juga. Ada yang begejala ada yang tidak, sekarang dilakukan isolasi di rumah karantina," lanjutnya.

Irin mengatakan, pengambilan sampel yang dilakukan memang tidak terlalu banyak mengingat pemakamannya dilakukan malam hari.

"Jadi ini menjadi pembelajaran yang membuat kita bersama seluruh masyarakat kalau ada keluarga atau tetangga meninggal sebaiknya pemakaman itu secukupnya saja dan tetap mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya

Per Minggu (22/11/2020), terdapat 595 kasus Covid-19 di Ponorogo, 532 pasien di antaranya sembuh, 21 pasien meninggal dunia dan 42 kasus aktif.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved