Breaking News:

Pilkada 2020

Simulasi Nasional Pemungutan Suara Pilbup Mojokerto 2020 Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Pelaksanaan simulasi nasional pemungutan suara dan perhitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS

surya.co.id/mohammad romadoni
DPT pemilih mencoblos di bilik suara dalam kegiatan simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Kabupaten Mojokerto dalam rangkaian tahapan pelaksanaan Pilbup Mojokerto 2020, Sabtu (21/11/2020). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto melaksanakan simulasi pemungutan suara sesuai protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Covid-19, dalam rangkaian tahapan pelaksanaan Pilbup Mojokerto 2020.

Pelaksanaan simulasi nasional pemungutan suara dan perhitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS dalam pemilihan serentak 2020 tersebut bertempat di kawasan Ladang Anggrek, di Dusun Adi Sono, Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (21/11/2020).

Komisioner (Divisi Teknis Penyelenggaraan) KPU Kabupaten Mojokerto, Akhmad Arif menjelaskan mayoritas peserta kegiatan simulasi Nasional pemungutan suara ini adalah masyarakat setempat yang berjumlah 261 orang.

"Simulasi Nasional yang kita selenggarakan ini adalah bentuk nyata saat pelaksanaan penyelenggaraan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 sebagai puncak tahapan dan merupakan simulasi yang digelar KPU RI serentak di beberapa wilayah Kota/Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020," ungkapnya di lokasi, Sabtu (21/11).

Arif menyebut banyak perbedaan dalam pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan saat kondisi normal dengan situasi Pandemi Covid-19 yang tentunya secara ketat menerapkan Prokes.

"Kemudian, penggunaan aplikasi Sirekap Mobile di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang akan diterapkan di Pilbup Mojokerto 2020," jelasnya.

Menurut dia, tahapan penerapan Prokes saat pemungutan maupun perhitungan suara sesuai simulasi saat ini yaitu 3 M (Cuci tangan, pakai masker, menjaga jarak) dan setiap satu jam sekali seluruh petugas TPS keluar lantaran seluruh ruangan disemprot cairan disinfektan.

Adapun DPT di Kabupaten Mojokerto sebanyak 823.014 orang dengan jumlah 2.084 TPS di 18 Kecamatan.

Mekanisme penerapan Prokes pemungutan suara dimulai pemilih hadir ke TPS cuci tangan, cek suhu badan, DPT masuk menyampaikan surat C pemberitahuan disertai e-KTP.

Petugas TPS memberikan sarung tangan plastik pada pemilih sebelum tanda tangan untuk mengambil surat suara.Bagi pemilih yang tidak membawa masker petugas TPS akan memberikannya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved