Breaking News:

Berita Bondowoso

Dinkes Bondowoso Mulai Mempersiapkan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Kendati vaksin Covid-19 belum didistribusikan, Dinkes Bondowoso tetap melakukan persiapan terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19

Kompas.tv
Ilustrasi vaksin Covid-19. 

SURYA.CO.ID, BONDOWOSO - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso tengah melakukan persiapan terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Proses pendistribusian vaksin ditargetkan bakal terlaksana pada kuartal II 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Mohammad Imron mengatakan, kendati vaksin belum didistribusikan ke provinsi maupun daerah, pihaknya mulai melakukan persiapan.

Hal tersebut dilakukan sesuai surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kami memulai persiapan dengan menggelar pertemuan bersama koordinator vaksinasi puskesmas dan rumah sakit. Dalam pertemuan itu kami membuat perencanaan kecil mengenai pelaksanaan vaksinasi," katanya kepada SURYA.CO.ID melalui sambungan telepon, Sabtu (21/11/2020).

Imron menjelaskan, selain itu, pihaknya telah mempersiapkan SDM tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas menyuntikkan vaksin (vaksinator).

Beberapa waktu lalu, pihaknya melaksanakan pelatihan bagi vaksinator selama 4 hari. Jumlah vaksinator sekitar 26 orang.

Acara pelatihan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Yang bertugas menjadi vaksinator adalah koordinator vaksinasi di puskesmas dan rumah sakit. Nantinya dalam pelaksanaan kami bentuk tim. Nakes di desa nantinya juga terlibat. Jumlah anggota dalam tim vaksinasi sekitar 500 orang," jelasnya.

Ia menyatakan, pihaknya juga mempersiapkan anggaran untuk operasional pelaksanaan vaksinasi dalam APBD 2021. Anggaran itu juga digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD).

"Anggaran pelaksanaan vaksinasi juga disokong anggaran dari pusat dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) untuk puskesmas tahun 2021. Jumlahnya total anggaran yang dipersiapkan belum tahu pasti," paparnya.

Halaman
1234
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved