Pilbup Ponorogo 2020

Ipong Dorong Masyarakat Sekitar Maksimalkan Potensi Waduk Bendo Ponorogo

Menurut Ipong, Waduk Bendo akan jadi destinasi wisata yang diminati bukan hanya wisatawan dari Ponorogo namun juga dari luar daerah

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sofyan Arif Candra Sakti
Calon Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menyerap aspirasi Pokdakan Mina Ngindeng, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Proyek Nasional Waduk Bendo yang terletak di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, ditargetkan rampung tahun 2021.

Calon Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mendorong masyarakat Desa Ngindeng, terutama pemuda dan karang taruna untuk bisa memaksimalkan potensi dari waduk tersebut.

Menurut Ipong, jika sudah jadi nanti, Waduk Bendo akan jadi destinasi wisata yang diminati bukan hanya wisatawan dari Ponorogo namun juga dari luar daerah.

"Dengan adanya Waduk Bendo bisa jadi tujuan wisata baru. Selain melihat Reog, lalu ke Ngebel dan Ngrayun nanti bisa juga ke Waduk Bendo ini," kata Ipong saat menghadiri undangan Sarasehan Pemuda Desa Nginden, Sabtu (14/11/2020).

Untuk itulah, Ipong mengarahkan pemuda sekitar mulai melirik profesi tour guide atau pemandu wisata dan juga mendirikan rumah makan ataupun kafe yang kekinian untuk menarik wisatawan.

"Tentu pemkab akan memberikan pendampingan dan pelatihan tour guide serta bantuan permodalan untuk memulai usaha," lanjut Petahana Bupati Ponorogo ini.

Selain itu, Ipong juga mendorong pemuda sekitar untuk semakin mengembangkan budidaya ikan lele yang sudah beberapa kali panen.

"Sekali panen bisa 6 sampai 8 ton, ini cukup menggembirakan karena di masa sulit ini ternyata pemuda di Desa Nginden bisa memutar otaknya dan memilih lele yang tidak terdampak dengan adanya pandemi Covid-19," lanjutnya.

Pemkab Ponorogo sendiri, lanjut Ipong, telah memberikan sejumlah bantuan untuk mendorong budidaya perikanan di Bumi Reog.

Mulai dari batuan bibit ikan lele dan nila, lalu pakan, alat tangkap ikan ramah lingkungan serta manajemen budidaya ikan untuk mengembangkan serta memasarkan hasil panen.

Selain itu, belasan ribu benih tombro juga telah ditebar di perairan umum dalam rangka restocking ikan-ikan di sungai.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Ngindeng, Setiono melihat ada potensi besar yang bisa dimanfaatkan di sektor budidaya ikan jika Waduk Bendo sudah jadi.

Untuk itu pihaknya intens berkomunikasi dengan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Ponorogo untuk mengembangkan budidaya ikan di kelompoknya.

"Karena Bendo akan jadi destinasi wisata tentu kita berharap akan ada wisata edukasi atau pembelajaran khususnya di dunia perikanan," jelasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved