Breaking News:

Berita Tuban

Penghadangan Truk Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Tuban, Polisi Bareng Dinas Keluarkan Rekomendasi

Beberapa kecamatan yang sudah pernah terjadi penghadangan pupuk bersubsidi yaitu Singgahan, Semanding, Merakurak dan Tambakboyo.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Penghadangan pupuk terjadi di jalan raya Merakurak-Montong, turut Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kamis (5/11/2020). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Polisi merespon maraknya kejadian penghadangan pupuk di sejumlah wilayah Kabupaten Tuban.

Adapun beberapa kecamatan yang sudah pernah terjadi penghadangan pupuk bersubsidi yaitu Singgahan, Semanding, Merakurak dan Tambakboyo.

"Pupuk masih cukup berdasarkan keterangan Kepala Dinas dan Petrokimia, cuma mereka tidak sabar," kata Kabagops Polres Tuban, Kompol Budi Santoso saat memimpin rapat di Mapolres, Kamis (12/11/2020).

Budi menjelaskan, untuk itu guna menghindari kesalahpahaman maka dihasilkan beberapa rekomendasi kepada masing-masing pihak.

Kepada Dinas Pertanian, agar memperbarui data petani baik pesanggem (lahan Perhutani), Gapoktan maupun Non Gapoktan yang terdaftar di E-RDKK, lalu memberikan informasi kebutuhan pupuk.

Sedangkan untuk Petrokimia Gresik, agar mencukupi alokasi tiga unit gudang yang ada di Widang, Palang serta Jenu, menjamin penebusan pupuk berjalan lancar, berkomitmen menindak pelanggaran regulasi pupuk bersubsidi sesuai aturan yang berlaku, menyediakan pupuk non subsidi di kios maupun distributor.

Kemudian untuk Distributor, harus ada Transparansi Informasi kepada masyarakat terkait jadwal pendistribusian pupuk, membuat jadwal pengiriman pupuk selanjutnya diserahkan ke Polres Tuban maupun Polsek maksimal tiga hari sebelum pengiriman, agar melaksanakan penebusan dan pendistribusian pupuk sesuai alokasi di wilayahnya.

Terakhir, Distributor memberikan tembusan kepada Polsek asal maupun tujuan terkait pengiriman pupuk.

"Rekomendasi ini menjadi hasil dari rakor yang telah digelar, agar masyarakat petani juga tau bagaimana kondisi pupuk yang sebenarnya. Jangan ada penghadangan lagi karena itu tidak boleh," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved