Breaking News:

Berita Kediri

Keren, 15 Pemuda Dirikan Rumah Baca di Lereng Gunung Wilis untuk Meningkatkan Literasi Anak-anak

Para pemuda ini peduli untuk meningkatkan literasi kepada anak-anak yang kesulitan mendapatkan buku di pelosok gunung lingkar Wilis

SURYA.CO.ID/Farid Mukarrom
Aksi pendidikan terhadap anak-anak di Lereng Gunung Wilis, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Kamis (12/11/2020). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Sekelompok pemuda di Kabupaten Kediri mendirikan rumah baca bagi anak-anak di area lereng Gunung Wilis.

Kegiatan kelompok pemuda ini, sebagai wujud kepedulian agar meningkatkan literasi kepada anak-anak yang kesulitan mendapatkan buku di pelosok gunung lingkar Wilis.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Joho, Kecamatan Semen ini berfokus pada peningkatan minat belajar dan baca dari anak-anak pedesaan di lereng Gunung Wilis.

"Kebanyakan warga sini berprofesi sebagai petani dan buruh tani, sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga kami mencoba untuk mendirikan rumah baca ini," ujar Putri seorang relawan pemuda, Kamis (12/11/2020).

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan rumah baca ini sudah berdiri sejak 3 tahun lalu dengan melibatkan 30 anak desa.

"Mereka semua kami ajarkan pelajaran seperti pentingnya membaca buku. Mereka semua melakukan kegiatan belajar dari pukul 9 pagi hingga 12 siang," tambah Putri.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Alisyah, pemuda yang jadi relawan mengajar di lereng Gunung Wilis. Bahwa kegiatan yang dilakukan oleh kelompoknya ini tak hanya mengajar tapi juga memberikan donatur untuk buku dan peralatan belajar.

"Kami juga cari donatur dari luar daerah untuk bantu adik-adik di sini dalam memberikan buku. Semoga dengan kegiatan semacam ini bisa membantu adik-adik di sini dalam memperoleh pendidikan yang layak," terangnya.

Alisyah dan kawan-kawan juga mengajarkan anak-anak di lereng Gunung Wilis untuk menuliskan cita-cita mereka, agar bisa sukses di masa mendatang.

"Kami juga berbagi ilmu dalam mengajar ini. Kami kenalkan kepada mereka profesi-profesi yang mungkin selama ini mereka awam, jadi adik-adik ini akan memiliki wawasan yang luas" pungkasnya.

Perlu diketahui, jumlah kelompok pemuda ini ada 15 orang yang mengatasnamakan kelompok Rumah Baca Lentera Wilis.

Penulis: Farid Mukarrom
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved