Video Viral

Video Viral Kopda Asyari Berseru dari Truk TNI 'Kami Bersama Habib Rizieq Shihab' Tuai Sanksi

Imam Besar Front Pembela Islam ( FPI), Rizieq Shihab telah pulang ke Indonesia setelah pergi ke Arab Saudi sejak 2017.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase tangkapan layar
Prajurit TNI AD di dalam truk jendak mengamankan Bandara Soetta (foto kiri). Foto Kanan : Keluarga Rizieq Shihab berkumpul kembali di Indonesia Setelah bertahun-tahun menetap di Arab Saudi. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam ( FPI), Rizieq Shihab telah pulang ke Indonesia setelah pergi ke Arab Saudi sejak 2017.

Pria yang akrab dipanggil Habib Rizieq ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020 sekitar.

Keunikan muncul dari prajurit TNI AD bernama Kopda Asyari yang ikut dalam iring-iringan truk untuk mengamankan obyek vital bandara.

Kopda Asyari berangkat dari Satuan Yonzikon 11 Matraman Jakarta Pusat, menggunakan truk militer NPS dan duduk di bagian belakang truk bersama rekan-rekannya. 

Dalam video viral di media sosial, seruan kontroversial yang menjadi sorotan warganet, Kopda Asyari di dalam truk berseru, "Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Shihab,".

Berikut klarifikasi Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar terkait video viral prajurit TNI AD saat perjalanan hendak mengamankan Bandara Soekarno Hatta.

"Bahwa benar pada tanggal 9 November 2020, prajurit TNI AD atas nama Kopda Asyari Tri Yudha anggota Kompi A Yonzikon 11 Kodam Jaya."

"Tergabung dalam tugas pengamanan objek vital Bandara Soekarno-Hatta," ujar Refki, dikutip dari situs resmi Kodam Jaya, Rabu (11/11/2020).

Kronologi seruan

Refki mengatakan, saat itu Kopda Asyari sedang berangkat dari Satuan Yonzikon 11 Matraman Jakarta Pusat, menggunakan truk militer NPS dan duduk di bagian belakang truk bersama rekan-rekannya.

Sekira pukul 10.00 WIB saat melintas di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, Kopda Asyari merekam video dan memberikan komentar tentang tugas yang berbeda dari tugas yang diberikan oleh komando, untuk pengamanan obyek vital nasional Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Refki, dalam tata kehidupan militer, tindakan Kopda Asyari tersebut bertentangan dengan hukum, sebagaimana diatur dalam pasal 8 huruf a UU 25/2014 tentang Hukum Disiplin Militer.

"Akan dijatuhi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya," tutur Refki.

Video prajurit TNI mengatakan 'Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Shihab', beredar viral di media sosial .

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved