Berita Pilkada Gresik

Terjunkan Ribuan KPPS dan Lomba TPS Unik, KPU Gresik Targetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

KPU harus memaksimalkan peran semua jajarannya serta membuat inovasi, untuk mengejar target partisipasi pemilih 77,5 persen.

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana

SURYA.CO.ID, GRESIK - Tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020, tetap menjadi kegamangan bagi KPU Gresik.

Untuk itulah, KPU harus memaksimalkan peran semua jajarannya serta membuat inovasi, untuk mengejar target partisipasi pemilih sekitar 77,5 persen.

Sebelumnya KPU telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 918.192 orang, terdiri dari pemilih laki-laki 456.202 orang dan pemilih perempuan 461.990 orang.

Tetapi kekhawatiran terjadinya penularan Covid-19 dikhawatirkan membuat partisipasi pemilih turun.

"Target partisipasti masyarakat 77,5 persen di masa pandemi ini bisa tercapai asalkan semua sektor masyarakat aktif mengajak berpartisipasi dalam pendidikan politik," kata Komisioner KPU Gresik, Makmun, Selasa (10/11/2020).

Karena itu KPU membuat terobosan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu mensosialisasikan Pilkada Serentak 2020 ke beberapa organisasi masyarakat.

Sehingga mereka memahami haknya memilih. Selain itu, upaya publikasi di media sosial digiatkan seperti via Facebook, Twitter dan Instagram.

"Nanti jajaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dilibatkan sebanyak 22.267 orang dan akan diminta terus meng-update status jadwal pemilu 9 Desember 2020. Dari total 15.869 orang KPPS, saya yakin bisa meningkatkan partisipasi pemilih," kata Makmun.

Dan untuk menarik minat masyarakat, jajaran KPU juga akan melombakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik. Diharapkan masyarakat akan senang datang ke TPS.

"Nanti bisa juga ada lomba selfie dan lomba TPS unik, untuk menarik partisipasi masyarakat," katanya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved