Breaking News:

Advertorial

Lifepack dan Jovee Bagikan Ilmu Pengetahuan Obat-obatan Standar pada Webinar Dokter Cilik Batch 2020

Beberapa obat ringan perlu dimiliki di rumah sebagai pertolongan pertama saat keluarga mengalami sakit.

Foto Istimewa
Kelas online Dokter Cilik Batch 2020 yang digelar, Sabtu (8/11/2020) 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pada kelas online Dokter Cilik Batch 2020 yang digelar, Sabtu (8/11/2020), Apoteker Lifepack dan Jovee Lydia Vanessa membagikan ilmu pengetahuan mengenai standar obat-obatan yang harus dimiliki di rumah.

Katanya, beberapa obat ringan perlu dimiliki di rumah sebagai pertolongan pertama saat keluarga mengalami sakit.

Obat ini, bisa dibeli atau dikonsumsi tanpa resep dokter.

"Tapi, tentu tidak semua ya. Perhatikan seksama pada label obatnya. Hanya obat yang berlabel lingkaran hijau dan biru. Contohnya seperti, pereda nyeri, penurun demam, diare, asam lambung, dan penanganan luka," terangnya.

Untuk penggunaan, para dokter cilik bisa langsung mengecek pada bagian belakang atau dalam obat mengenai komposisi dan indikasi gejala apa saja yang bisa diobati.

Lydia mencontohkan obat pereda demam sebagai salah satu yang wajib disediakan di rumah, terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil atau balita.

"Karena jika demam tidak ditangani secara cepat dapat menyebabkan kejang. Nah, jika demam terjadi berkelanjutan atau semakin parah, bisa langsung menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat," tuturnya.

Selain standar obat, Lydia juga memberikan informasi mengenai cara penyimpanan obat yang benar.

Meski tidak harus di dalam kotak P3K, tapi setidaknya tiap rumah memiliki kotak penyimpanan obat tersendiri dan tidak dicampur dengan barang lainnya.

Menurut Lydia, cara menyimpan obat selain di kotak, juga harus di tempat yang kering dan tidak lembab. Karena ini akan mempengaruhi kualitas obat yang disimpan.

Halaman
12
Penulis: Akira Tandika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved