Breaking News:

Waduh ! Sirkuit Mandalika Tak Masuk Jadwal MotoGP 2021, Ini Penyebab Indonesia Cuma Masuk Cadangan

Berdasarkan jadwal sementara MotoGP musim 2021 telah diumumkan pada Kamis (6/11/2020) malam WIB, terdapat 19 venue yang sementara sudah ditetapkan

Motogp.com
ILUSTRASI- MotoGP 2020 

 SURYA.co.id I - Keinginan para pecinta MotoGP di Indonesia untuk menyaksikan balapan di Sirkuit Mandalika, tampaknya akan tertunda. Sebab Sirkuit Mandalika ternyata tidak masuk dalam daftar venue MotoGP 2021.

Venue Mandalika hanya masuk dalam venue cadangan.

Berdasarkan jadwal sementara MotoGP musim 2021 telah diumumkan pada Kamis (6/11/2020) malam WIB, terdapat 19 venue yang sementara sudah ditetapkan sebagai tuan rumah balapan MotoGP 2021.

Sirkuit Mandalika, venue MotoGP Indonesia, tidak termasuk dalam daftar tersebut. Rilis MotoGP menunjukkan bahwa Grand Prix (GP) Indonesia hanya masuk dalam daftar cadangan bersama GP Portimao (Portugal) dan Rusia.

Penyebab GP Indonesia masuk daftar cadangan ini disebabkan adanya hambatan dalam proses homologasi internasional kepada FIM maupun FIA.

Adapun proses homologasi merupakan tahap yang harus dilalui sebelum suatu sirkuit bisa menggelar balap mobil maupun motor dengan taraf internasional. GridOto pada Sabtu (31/10/2020) melaporkan bahwa Sirkuit Mandalika sudah memasuki proses tersebut.

Berkas-berkas pengurusan dari pengelola sirkuit pun diketahui sudah mendarat di kantor Ikatan Motor Indonesia, sebelumnya diserahkan kepada FIA dan FIM. "Setelah berkas masuk ke kami, nanti akan berkoordinasi lagi sama FIA dan FIM dan melakukan pertemuan di sirkuit terkait," kata Jeffrey JP selaku Sekretaris Jenderal IMI Pusat, Rabu (28/10/2020).

Namun, proses homologasi untuk memperoleh sertifikasi tersebut menemui hambatan akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya pandemi, pihak FIM menjadi sulit melakukan pengecekan sirkuit.

Alhasil, sejauh ini pengecekan hanya dilakukan secara virtual dan waktu homologasi otomatis berjalan lebih lama. "Biasanya hanya butuh tiga bulan, tapi sekarang bisa jadi enam bulan karena keadaan pandemi Covid-19," ucap Jeffrey.

Molornya proses homologasi inilah yang menjadi alasan di balik seri MotoGP Indonesia masih termasuk dalam daftar cadangan. Adapun rangkaian MotoGP 2021 rencananya akan bergulir mulai 28 Maret dengan Qatar sebagai tuan rumah. Uniknya, MotoGP Qatar bakal digelar malam hari, sebagaimana tertera dalam kalender musim 2021. Sementara itu, rangkaian MotoGP 2021 bakal berakhir di seri Valencia, 14 November.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved