Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Kiat Unesa Perkuat Karakter Bela Negara bagi Generasi Muda

Rangkaian Dies Natalis Ke-56, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Webinar Nasional dan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema Bela Negara.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
Foto: unesa untuk surya.co.id
Suasana Webinar Nasional dan FGD dengan tema Bela Negara Bagi Generasi Muda di Kampus Merdeka yang digelar oleh Universitas Negeri Surabaya, Rabu (4/10/2020).  

SURYA.co.id | SURABAYA - Rangkaian Dies Natalis Ke-56, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Webinar Nasional dan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema Bela Negara Bagi Generasi Muda di Kampus Merdeka secara virtual, Rabu (4/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi beragam idelologi dari luar yang dapat mengancam keutuhan NKRI sehingga diperlukan pembentukan karakter nasionalisme pada anak muda.

Acara dibuka oleh Opening Speech dari Ketua Forum Rektor Indonesia sekaligus Rektor IPB Prof Dr Arif Satria M Si dan Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan M Kes.

Untuk menguatkan bela negara, Arif Satria menyebut NKRI dan Pancasila menjadi hal yang sangat krusial. 

Menurutnya, NKRI dan pancasila sudah final oleh karena itu penting untuk generasi muda selalu mengembangkan dan mempertahakan visi yang jauh ke depan. Ia juga menawarkan gambaran bela negara yang lebih kontemporer berupa inovasi. 

“Dimensi ekonomi bisa diartikan bela negara bagi kaum muda. Bisa diterjemahkan dalam inovasi-inovasi. Karena nantinya, inovasi menjadi fondasi bagi kemajuan ekonomi. Yang idenya, berasal dari kaum-kaum muda yang terus berfikir kreatif dan berinovasi,” jelasnya.

Dalam ihwal membangun karakter bela negara di kalangan anak muda, kampus punya posisi penting. 

Sementara itu, Nurhasan Rektor Universitas Negeri Surabaya menyebut terdapat berbagai tantangan baik internal maupun eksternal dapat meruntuhkan rasa nasionalisme generasi muda sehingga kampus perlu menjadi filter dan membangun rasa bela negara. 

“Bukan dengan wajib militer, namun melalui aktivitas yang dilakukan di kampus. Dengan kurikulum serta narasi bela negara menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan", katanya.

Nurhasan menegaskan komitmen Unesa untuk membentuk generasi muda yang berdaya saing, unggul dan tetap menjaga rasa cinta tanah air.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved