Breaking News:

Bacaan Tahlil Arwah Tulisan Arab Latin dan Terjemahan Indonesia

Berikut bacaan tahlil arwah atau doa tahlil yang dirangkum SURYA.co.id. Tahlil juga biasa dibaca umat Islam sebagai amalan Kamis malam Jumat.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah
suryaonline/ahmad zaimul haq
Ilustrasi - Tahlil 

Penulis: Pipit | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Pada Kamis malam Jumat, umat Islam Nahdlatul Ulama (NU) biasanya membaca tahlil arwah untuk kerabat yang sudah meninggal.

Selain diniatkan untuk mendoakan keluarga yang sudah wafat, bacaan tahlil juga biasa dibaca untuk berdoa bersama saat acara muludan (Maulid Nabi), acara aqiqah, acara pernikahan dan hari penting lainnya.

Mengutip buku Tahlil dan Kenduri Tradisi Santri dan Kiai, H.M Madcha Anies, Pustaka Pesantren, Tahlil berasal dari kalimat hallala - yuhallilu - tahlilan, yang artinya membaca kalimat لَا إِلَٰهَ إِلَّا ٱللّٰهُلَا إِلَٰهَ إِلَّا ٱللّٰهُ  laa ilaa ha illallah (tida Tuhan selain Allah).

Tahlil berarti membaca serangkaian surat AlQuran, ayat-ayat pilihan, dan kalimat-kalimat dzikir pilihan, yang diawali dengan membaca surat Alfatihah dengan meniatkan pahalanya untuk para arwah yang dimaksudkan oleh si pembaca atau pemilik hajat, ditutup doa.

Berikut bacaan tahlil arwah atau doa tahlil yang dirangkum SURYA.co.id dari berbagai sumber selengkapnya:

1. Membaca Al-Fatihah

Membaca Al Fatihah untuk Nabi Muhammad SAW, guru-guru, orangtua yang sudah meninggal (ahli kubur)

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved