Berita Nganjuk

Selain Tegakkan Prokes Covid-19, Polisi Juga Jaga Kamtibmas di Pasar Tradisional Nganjuk

Dan satgas rutin melakukan patroli, agar bisa mencegah potensi 'ledakan' kasus Covid-19 selama liburan.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
istimewa
Petugas kepolisian melakukan patroli di pasar tradisional Bagor Nganjuk. Selain mengingatkan pedagang dan pembeli untuk memakai masker, juga menjaga kamtibmas Pasar Tradisional saat libur panjang. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Kegiatan penegakkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 bukan satu-satunya kegiatan rutin yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Polsek Kertosono Polres Nganjuk.

Karena selama libur panjang, polisi juga melakukan penegakkan kamtibmas di pasar-pasar tradisional guna mencegah potensi terjadinya tindak kriminal.

Kapolsek Kertosono, Kompol Djamin mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan agar warga tetap mematuhi prokes Covid-19 saat di luar rumah. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, yang potensi pelanggarannya banyak di pasar tradisional.

Sampai Minggu (1/1/2020), Operasi Yustisi diarahkan ke pasar tradisional, karena saat libur panjang pengunjung pasar tradisional mengalami peningkatan, setelah banyak warga pulang kampung.

Dan satgas rutin melakukan patroli, agar bisa mencegah potensi 'ledakan' kasus Covid-19 selama liburan.

"Penegakan disiplin prokes ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, makanya kami akan menindak tegas warga yang tidak patuh demi kesehatan masyarakat," kata Djamin, Minggu (1/11/2020).

Dalam patroli sekaligus Operasi Yustisidi pasar tradisional, petugas senantiasa mengedukasi pedagang dan pembeli untuk memakai masker. Karena memakai masker bisa menghindarkan pedagang dan pembeli di pasar tradisional tertular Covid-19.

"Pesan itu yang selalu disampaikan kepada pedagang dan pembeli di pasar tradisional, agar mereka sadar dan mengerti pentingnya mematuhi prokes Covid-19," ucap Djamin.

Sementara kegiatan patroli kamtibmas sekalitus Operasi Yustisi prokes juga dilakukan satgas Covid-19 dari jajaran Polsek Bagor. Kapolsek Bagor, AKP Tommy Hermanto menjelaskan, imbauan menjaga ketertiban dan keamanan kepada warga juga disampaikan dalam patroli.

Selain itu, warga juga diedukasi tentang pemakaian masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Dengan patroli berjalan kaki di pasar tradisional, petugas bisa bertemu langsung dan dekat dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan kamtibmas dan prokes Covid-19," kata Tommy.

Dan tidak lupa, lanjutnya, pedagang dan pembeli diingatkan untuk menjaga barang dagangan dan bawaanya. Karena bagaimana pun, kejahatan bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Untuk itu, dengan adanya petugas patroli jalan kaki dan dekat dengan masyarakat, maka potensi kejahatan bisa diminimalisiri," tutur Tommy. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved