Breaking News:

Berita Blitar

Perawat Gigi Kurang Diminati di Kota Blitar, 197 Formasi CPNS 2019 Terisi

Para peserta dapat melihat hasil seleksi CPNS 2019 melalui website milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Dan ada 197 formasi yang sudah terisi.

surya/samsul hadi
Sejumlah peserta mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS Kota Blitar 2019 beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Formasi hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Blitar 2019, terpaksa mengosongkan dulu posisi untuk perawat gigi. Itu karena dari 198 formasi yang tersedia, formasi untuk perawat gigi ternyata tidak diminati meski hanya menyediakan satu tempat.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Ika Hadi Wijaya mengatakan hasil seleksi CPNS Kota Blitar 2019 sudah diumumkan mulai Jumat (30/10/2020).

Para peserta dapat melihat hasil seleksi CPNS 2019 melalui website milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Dan ada 197 formasi yang sudah terisi. "Dari 198 formasi CPNS Kota Blitar 2019, ada satu formasi yang tidak terpenuhi yaitu perawat gigi," kata Ika Hadi, Minggu (1/11/2020).

Menurutnya, kalau formasi perawat gigi masih dibutuhkan, BKD akan mengusulkan pada rekrutmen CPNS tahun berikutnya. Tetapi untuk sementara ini, formasi perawat gigi dibiarkan kosong terlebih dulu. "Kalau masih dibutuhkan akan kami usulkan pada seleksi tahun depan," ujarnya.

Ika Hadi menjelaskan, para peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lolos akan melakukan pemberkasan. Sekarang, pemberkasan CPNS dilakukan secara online melalui website Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Proses pemberkasan dilaksanakan sampai 15 November 2020.

"Proses pemberkasannya berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, proses pemberkasan harus datang ke kantor BKD. Kalau sekarang pemberkasan secara online lewat website SSCN," katanya.

Untuk peserta yang lolos seleksi namun ingin mengundurkan diri, menurut Ika Hadi tidak ada masalah, selama yang bersangkutan belum mendapatkan nomor induk pegawai (NIP). Tetapi kalau sudah mendapatkan NIP lalu mengundurkan diri, peserta akan diblacklist dari seleksi CPNS.

"Kalau NIP sudah keluar lalu mengundurkan diri, peserta akan diblacklist. Sesuai jadwal dari BKN, surat keputusan (SK) CPNS 2019 akan keluar awal Desember 2020," katanya.

Seperti diketahui, Kota Blitar mendapat jatah 198 formasi pada seleksi CPNS 2019. Rinciannya, tenaga guru mendapat 100 formasi, tenaga teknis sebanyak 66 formasi, dan tenaga kesehatan sebanyak 32 formasi. ***

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved