Breaking News:

Berita Malang Raya

Seperti Ini Upaya Polresta Malang Kota Menekan Penyebaran Virus Covid-19

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan kondisi terkini perkembangan Covid-19 di Kota Malang.

tribun jatim/kukuh kurniawan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Sejak Selasa (29/9/2020), wilayah Kota Malang telah dinyatakan menjadi zona oranye Covid-19, setelah sebelumnya menyandang status zona merah Covid-19.

Tentu hal itu tidak terlepas dari peran serta berbagai instansi dan masyarakat di Kota Malang.

Salah satunya instansi penegak hukum, yaitu Polresta Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan kondisi terkini perkembangan Covid-19 di Kota Malang.

"Saat ini tingkat pertambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang, berkisar hanya di satu digit. Jadi kami bisa mempertahankan penambahan ini tidak lebih dari angka 10 orang. Sehingga saat ini tingkat pertambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang, kisaran antara 1 hingga 8 orang sehari. Begitu pula dengan tingkat kesembuhannya, juga mengalami peningkatan," ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Ia menjelaskan, hal tersebut merupakan suatu kemajuan yang signifikan.

Mengingat hampir dua bulan yang lalu, Kota Malang masih berada di zona merah.

"Ketika Kota Malang berada di zona merah, tingkat kematian akibat Covid-19 cukup tinggi yaitu berkisar antara 5 hingga 10 orang sehari. Saat ini yang meninggal akibat Covid-19 hanya satu orang, atau terkadang dalam sehari tidak ada sama sekali," tambahnya

Ia menerangkan penurunan kasus positif dan kematian Covid-19, merupakan hasil dari beberapa langkah yang telah dilakukan Polresta Malang Kota.

"Ada tiga langkah yang kami lakukan dalam menekan penyebaran Covid-19, yaitu preventif, preemtif, dan kuratif. Langkah preventif dan preemtif adalah dengan melakukan operasi yustisi (penegakan protokol kesehatan). Di mana dalam operasi yustisi, kami utamanya adalah tentang penggunaan masker. Dengan penggunaan masker yang kami galakkan melalui operasi yustisi, ternyata hasilnya berbanding lurus dengan tingkat penurunan jumlah positif Covid-19," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved