Breaking News:

Berita Lifestyle

Kenali Penyebab Freckles dan Perawatan yang Bisa Dilakukan untuk Menguranginya

Freckles merupakan kondisi di mana muncul bintik-bintik pada permukaan kulit wajah. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan, salah satunya

SURYA.CO.ID/Christine Ayu Nurchayanti
Perawatan Profira Peco Genesis Laser yang bermanfaat untuk mengurangi bintik-bintik atau freckles pada permukaan kulit wajah. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Freckles merupakan kondisi di mana muncul bintik-bintik pada permukaan kulit wajah.

Biasanya bintik-bintik tersebut berwarna kemerahan, kuning, cokelat hingga hitam. Umumnya kondisi ini terjadi kepada kulit orang Eropa. Tapi, ternyata tidak sedikit masyarakat Indonesia yang juga memiliki freckles.

Menurut Dokter Estetika Profira Aesthetic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Asa Dini Merina, kondisi ini dapat terjadi karena faktor internal dan eksternal.

"Kalau faktor internal, karena genetik. Makanya orang luar negeri banyak yang punya bintik-bintik ini. Sedangkan faktor eksternalnya, karena terpapar sinar matahari," ungkap dr Asa.

Lantas, apakah freckles ini berbahaya? Menurut dr Asa, kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan. Hanya saja beberapa orang merasa tidak percaya diri.

"Tapi sebaiknya tetap diperiksa. Karena ada bercak yang mengarah ke kanker kulit. Kalau freckles sendiri memang tidak berbahaya. Tapi kami sarankan jika ada bercak atau bintik hitam, segera konsultasi ke dokter," katanya.

Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan laser yang bekerja untuk mengatasi hiperpigmentasi.

"Perawatannya di sini banyak ya, salah satunya bisa laser pico genesis yang bekerja untuk menghilangkan flek," ungkap dr Asa.

Treatment ini memiliki fungsi utama mengurangi pigmen dalam kulit.

"Jadi, lasernya bekerja dengan cara memecah pigmen di dalam kulit. Bintik-bintik ini terjadi karena adanya hiperpigmentasi atau pigmen yang berlebih," ia menerangkan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved