Breaking News:

Berita Lifestyle

Bopeng Tidak Selalu Disebabkan Jerawat, Ini Perawatan yang Bisa Dilakukan

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan untuk bopeng yakni memanfaatkan laser kolagen. Treatment ini berguna untuk meregenerasi sel kulit

SURYA.CO.ID/Christine Ayu Nurchayanti
Pasien sedang melakukan perawatan Peco Collagen Laser di Profira Aesthetic & Anti-Aging Clinic Surabaya. Perawatan ini menjadi salah satu upaya untuk menyembuhkan bopeng pada area wajah. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa bopeng terjadi hanya karena jerawat. Padahal ada banyak faktor yang menyebabkan lubang-lubang pada permukaan kulit wajah ini.

"Bopeng ini terjadi karena ada penarikan permukaan kulit bagian atas oleh jaringan ikat," ungkap Dokter Estetika Profira Aesthetic & Anti-Aging Clinic Surabaya, dr Asa Dini Merina, Kamis (29/10/2020).

Bopeng terjadi karena proses peradangan. Bukan hanya jerawat, tapi juga peradangan yang lain seperti cacar air atau luka.

"Salah satunya memang jerawat. Jadi ada bakteri sehingga terjadi peradangan. Semakin lama, semakin nggak sembuh, jadi timbul bopeng. Tapi bopeng tidak selalu karena jerawat," terang dr Asa.

Bentuk bopeng juga ada berbagi macam, ada yang berbentuk ice pick scar, box scar dan rolling scar.

"Kalau ice pick scar bentuknya mirip jarum, kecil tapi dalam. Sementara box scar berbentuk kotak, biasanya diameternya lebih lebar. Seperti namanya, scar ini bentuknya menyerupai kotak," dr Asa memaparkan.

Adapun rolling scar yang berbentuk berglombang. Jenis bopeng ini banyak terjadi pada orang berusia lanjut karena kondisi kulit aging.

Lantas, bagaimana menanggulanginya? dr Asa mengatakan, kondisi ini susah untuk dikembalikan secara alami. Untuk menyembuhkannya, bisa melakukan treatment dan menggunakan produk untuk bopeng.

Laser Kolagen untuk Sembuhkan Bopeng

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan yakni memanfaatkan laser kolagen. Treatment ini berguna untuk meregenerasi sel kulit serta merangsang pertumbuhannya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved