Breaking News:

Travel

Siagakan Petugas Antisipasi Membludaknya Pengunjung di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Pintu masuk Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo untuk membantu pengawasan wisatawan yang masuk dan keluar.

surya.co.id/rahadian bagus priambodo
Suasana Larungan di Telaga Ngebel, di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo sebelum pandemi covid-19 beberapa waktu lalul. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Kunjungan wisatawan ke Telaga Ngebel diprediksi naik 10 hingga 20 persen saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Agus Sugiarto telah mengeluarkan surat edaran agar semua pengelola tempat wisata mengutamakan protokol kesehatan.

Termasuk pembatasan jumlah pengunjung yaitu 60 persen dari kapasitas maksimal.

"Pengelola harus senantiasa menginformsikan agar pengunjung menerapkan protokol kesehatan. Ini bukan hanya Ngebel, tapi seluruh destinasi wisata," ucapnya.

Namun khusus di Telaga Ngebel, pihaknya lebih intensif melakukan koordinasi dengan Forkopimda, Dinas Kesehatan Ponorogo, dan Puskemas setempat sekaligus melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM di Telaga Ngebel.

"Pintu masuk Ngebel akan dijaga Polsek dan Koramil untuk membantu pengawasan wisatawan yang masuk dan keluar. Nanti akan ada Monev (Monitoring dan Evaluasi) berkala selama libur panjang," lanjutnya.

Baca juga: Antisipasi Long Weekend, Kebun Binatang Surabaya Imbau Pengunjung Pesan Tiket H-1 Kunjungan

Baca juga: Hindari Kepadatan Antrean saat Long Weekend, Penumpang KA Diimbau Rapid Tes Lebih Awal

Jika dirasa pengunjung sudah memenuhi batas 60 persen, maka nanti wisatawan akan dialihkan terlebih dahulu ke destinasi wisata yang lain misalnya saja wisata air panas.

"Atau bisa saja menunggu wisatawan yang lain keluar terlebih dahulu baru yang antre di depan pintu diperbolehkan untuk masuk. Jadi pintu gerbang akan dijaga terus," ucap Ugin, sapaan akrabnya.

Ugin melanjutkan, tidak ada pembatasan wisatawan dari luar kota untuk masuk ke destinasi wisata di Ponorogo termasuk Telaga Ngebel.

"Susah juga kalau kita lakukan pengawasan karena mobilitasnya sangat besar," pungkasnya.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved