Breaking News:

Advertorial

Dua Program Kerja Utama MalangGleerrr.com Selanjutnya: Gandeng Renteng Agen QRIS dan Sonjo Kampung

MalangGleerrr.com adalah wahana sociopreneur milik bersama dari seluruh warga Kota Malang, untuk Indonesia dan dunia.

Adv
Mari bekerja sama dengan MalangGleerrr.com. Karena MalangGleerrr.com adalah wahana sociopreneur milik bersama dari seluruh warga Kota Malang, untuk Indonesia dan dunia. 

SURYA.CO.ID, MALANG - MalangGleerrr.com baru diluncurkan secara resmi mulai tanggal 12 September 2020. Pada saat itu, bertepatan dengan dilaksanakan Event HARI PELANGGAN NASIONAL oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang. Ada sekitar 150 Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ikut berpartisipasi dengan menampilkan kurang lebih sebanyak 250 jenis produk unggulan masing-masing. Transaksi dilakukan secara online melalui website MalangGleerrr.com. Belum ada yang menggunakan QRIS. Apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun, baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, tiket konser, donasi, dan pembayaran transaksi apapun (merchant) yang berlogo QRIS. Meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya. Jadi, ayo pakai QRIS!

Pada saat pertama kali peluncuran website MalangGleerrr.com (12 September 2020), yang saat itu dihadiri langsung oleh Pak Azka (Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Malang) dan Pak Sugiarto (Pimpinan Otoritas Jasa Keuangan/ OJK wilayah Malang), Pak Azka menghimbau (sambil memotivasi) agar seluruh pelaku UMKM yang sudah menjadi pelapak/ penjual di MalangGleerrr.com, ke depannya menggunakan QRIS untuk sistem pembayarannya. Hal ini ditanggapi oleh Tim Kerja MALANG GLEERRR sebagai sebuah tantangan yang menyenangkan.

Akhirnya, Tim Kerja MALANG GLEERRR bekerjasama dengan Bank Jatim, sesuai arahan dari Bapak Walikota Malang dan Tim QRIS Bank Indonesia, untuk segera melaksanakan Gathering Pelapak MalangGleerrr.com. Yang mempunyai dua tujuan utama, yaitu segera mengupgrade literasi keuangan digital seluruh mitra kerja MalangGleerrr.com (Para Pelaku IKM yang menjadi pelapak/ penjual), dan membantu mereka untuk bisa segera mempunyai QRIS Bank Jatim. Responnya sungguh sangat luar biasa. Dalam tempo satu mingguan, MalangGleerrr.com sudah berhasil mendaftarkan 80 orang Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk mempunyai QRIS masing-masing. Langkah selanjutnya, seluruh Pelapak/ Penjual di MalangGleerrr.com sudah harus mempunyai QRIS masing-masing.

Pada tanggal 17 Oktober 2020, yaitu pada saat pelaksanaan kegiatan Hari Pangan Sedunia 2020 di Gedung Kartini Kota Malang, Para Pelaku IKM yang sudah masuk di MalangGleerrr.com bisa melakukan transaksi langsung melalui QRIS. Mereka semuanya sangat puas serta bisa menikmati hasil dan manfaatnya penggunaan QRIS secara langsung. Masing-masing sudah berhasil bertransaksi menggunakan QRIS dari Bank Jatim.

Pada tanggal 17 Oktober 2020 tersebut, total sudah lebih dari 129 orang pelaku IKM di MalangGleerrr.com yang mempunyai QRIS masing-masing. Jumlah ini akan terus bertambah. Karena mulai minggu depan, Tim Kerja MalangGleerrr.com akan melaksanakan dua Program Kerja Utama untuk memasyarakatkan QRIS di Kota Malang. Yaitu:

1. Gandeng Renteng Agen QRIS

Adalah sebuah program sinergi turun langsung ke masyarakat di sekitar lokasi Pelapak MalangGleerrr.com. Yang diinisiasi oleh para Pelapak di MalangGleerrr.com. Para Pelapak ini akan menggalang potensi Usaha Mikro & Industri Kecil Menengah (UM & IKM) di sekitar tempat tinggalnya. Minimal 10 orang dalam satu lokasi. Yang sebelumnya diberikan informasi pendahuluan perihal QRIS. Kemudian akan dilaksanakan kegiatan Workshop "Ngrewangi Umak Dodolan", yang di dalamnya akan diisi dengan kegiatan peningkatan kapasitas Para Pelaku UM & IKM di daerah tersebut, yang dibarengi dengan sosialisasi QRIS. Kemudian para peserta tersebut juga akan menjadi Mitra Kerja MalangGleerrr.com. Jika satu orang Pelapak di MalangGleerrr.com mampu mengajak Gandeng Renteng minimal sebanyak 10 orang/ daerah, maka diharapkan dapat memberikan pelayanan sebanyak minimal 100 orang pelapak x 10 orang Gandeng Renteng = 1.000 orang pemakai QRIS baru bersama MalangGleerrr.com.

2. MalangGleerrr.com Sonjo Kampung

Adalah sebuah kegiatan kolaborasi bersama aktor dan organisasi penggerak sosial lokal (kampung) di Kota Malang. Misal, dengan Pokdarwis, Pokmas, Tomas, Karang Taruna, KIM, Koperasi, Kelurahan, dan lainnya. Pada kegiatan ini, Tim Kerja MalangGleerrr.com akan memberikan Workshop atau Pelatihan langsung yang berkaitan dengan Digital Marketing, Scale Up Bisnis, Literasi Keuangan Digital, Keuangan Inklusif dan lainnya. Yang akan bekerjasama dengan Bank Jatim dan Bank Indonesia, dalam hal sosialisasi Literasi Keuangan Digital dan QRIS. Kegiatan MalangGleerrr.com ini diharapkan mampu hadir di 57 Kelurahan dan 550 RW se-Kota Malang. Jika asumsinya 1 RW bisa ada minimal 10 orang pemakai QRIS baru dalam Program MalangGleerrr.com Sonjo Kampung ini, maka akan diperoleh hasil 550 RW x 10 orang = 5.500 orang pemakai QRIS baru bersama MalangGleerrr.com.

Tim Kerja MALANG GLEERRR sangat terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam Membangun Ekosistem Progresif bagi seluruh Pelaku Usaha Mikro dan Industri Kecil Menengah (UM & IKM) di Kota Malang.

Dua Program Kerja MalangGleerrr.com, yaitu Gandeng Renteng Agen QRIS & MalangGleerrr.com Sonjo Kampung, bisa diharapkan untuk menjadi semacam "Arus Besar Dari Bawah" yang mampu menjadi pondasi sekaligus daya dorong untuk pemulihan ekonomi di Kota Malang seluas-luasnya pada berbagai bidang kerja. Dengan demikian, skenario Trickle Up Effect (Muncrat Dari Bawah), bisa berjalan dengan baik dan lancar. Karena skenario Trickle Down Effect (Merembes Dari Atas), terbukti banyak menemui kegagalan untuk proses-proses pemulihan dan pemerataan kesejahteraan ekonomi, untuk mewujudkan: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Secara bersamaan, dua program kerja dari MalangGleerrr.com ini, diharapkan mampu mensosialisasikan dan membumikan berbagai Program Kerja KEUANGAN INKLUSIF.

Mari bekerjasama dengan MalangGleerrr.com. Karena MalangGleerrr.com adalah Wahana Sociopreneur Milik Bersama Dari Seluruh Warga Kota Malang, Untuk Indonesia dan Dunia.

Hallo, Ada Yang Bisa Kita Bantu?

Info Lebih Lanjut:
Sam WES : 081 333 444 571
Mbak Icha : 085 646 346 188

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved