Breaking News:

Pilkada 2020

Pilbup Gresik 2020, Warga 3 Kecamatan Ini Pasang Spanduk Larangan Kampanye di Tempat Ibadah

Pihaknya mengungkapkan bersama warga berinisiatif memasang spanduk imbauan larangan kampanye di rumah ibadah.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/willy abraham
Warga memasang spanduk menolak kampanye di salah satu masjid di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jumat (23/10/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Masyarakat di Gresik Selatan memasang spanduk bertuliskan "Warga Menolak Kampanye di Tempat Ibadah, Rumah Ibadah Kami Bukan Tempat Berpolitik" di sejumlah masjid di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Menganti, Kecamatan Benjeng, dan Kecamatan Balongpanggang.

Salah satu warga di Kecamatan Benjeng, Joko mengaku hal ini dilakukan warga sebagai bentuk antisipasi terhadap kampanye di rumah ibadah.

"Kita ingin menjaga tempat ibadah kita," terangnya, Jumat (23/10/2020).

Pihaknya mengungkapkan bersama warga berinisiatif memasang spanduk imbauan larangan kampanye di rumah ibadah.

"Kesadaran warga sudah sangat tinggi, dan bisa membedakan mana yang benar-benar tausiyah dan mana yang berpotensi kampanye," tuturnya.

Hal senada disampaikan warga asal Kecamatan Balongpanggang, Moh Arief Syaifullah yang mengaku warga tidak ada maksud melarang siapapun untuk bertausiyah.

Namun pemasangan spanduk lebih pada sikap antisipasi warga di momen pilkada sekaligus warga ingin menjaga tempat ibadah steril dari unsur politik.

"Karena sekarang musim pilkada, kami ingin menjaga tempat ibadah kami dari segala bentuk kampanye politik. Silahkan bertausiyah asal tidak membahas politik apalagi paslon yang hadir, karena itu biasanya akan berpengaruh pada pembahasan politik," terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Nadhori selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Penindakan Bawaslu Gresik mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh warga di Gresik Selatan untuk mencegah terjadinya pelanggaran kampanye ditempat ibadah dengan memasang spanduk berisi imbauan larangan berkampanye di masjid-masjid.

"Kami sangat apresiasi, dan upaya itu membuktikan bahwa kesadaran politik masyarakat sudah tinggi," tandasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved