Breaking News:

5 Olahraga Ringan Bagi Wanita, Cocok untuk Redakan Nyeri Menstruasi

Perempuan yang menstruasi, emosinya cenderung tidak stabil karena pengaruh hormon. Seringkali juga diiringi nyeri

surya/habibur rohman
Ilustrasi gerakan yoga 

SURYA.co.id - Perempuan yang menstruasi, emosinya cenderung tidak stabil karena pengaruh hormon. Seringkali juga diiringi nyeri atau kram perut,sehingga menghambat produktivitas.

Nyeri menstruasi terjadi karena otot-otot rahim berkontraksi. Hal lain seperti mual, muntah, sakit kepala, atau diare juga mungkin terjadi. Biasanya nyeri menstruasi terjadi di hari pertama hingga hari kedua.

1. Jalan cepat
Jalan cepat selama 15 menit di taman atau sekitar rumah bisa membantu mengurangi nyeri menstruasi. Selain itu, jalan cepat dapat membantu meningkatkan mood, membakar sedikit kalori, dan memberikan manfaat kesehatan secara umum.

2. Peregangan Beberapa perempuan mungkin merasa tidak sanggup untuk berolahraga saat haid karena nyeri yang tak tertahankan.

Peregangan sederhana dapat meredakan nyeri menstruasi. Contohnya gerakan seated twist. Untuk melakukan gerakan ini, ambil posisi duduk sambil meluruskan kaki. Lalu tekuk salah satu kaki ke atas. Kemudian putar tubuh ke samping dan ulangi gerakan beberapa kali dengan mengganti kaki yang ditekuk hingga tubuh terasa rileks. Baca juga: Problem Kesehatan di Balik Siklus Menstruasi yang Tak Teratur

3. Jogging
Selain jalan cepat, jogging juga bisa meredakan nyeri menstruasi. Berlari dalam kecepatan rendah sekalipun dapat meningkatkan suasana hati dengan melepaskan hormon bahagia, endorfin.

4. Yoga
Berlatih yoga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mencegah pembekuan, dan mengurangi rasa sakit. Salah satu pose yang paling efektif untuk meredakan nyeri adalah child's pose. Cara melakukannya duduk dengan posisi berlutut kemudian rentangkan tangan ke depan dan dahi menempel di lantai. Tahan posisi selama beberapa detik.

5. Renang Ketika menstruasi, berenang mungkin tidak masuk daftar olahraga yang harus dilakukan. Beberapa perempuan mungkin khawatir darah akan berceceran di kolam.

Tapi sebenarnya, tidak masalah untuk berenang saat sedang menstruasi. Malah berenang membantu mengurangi nyeri menstruasi karena melepaskan endorfin yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Tapi jangan lupa untuk menggunakan tampon atau pembalut baru sebelum berenang. Setelah selesai, bersihkan daerah sekitar vagina dengan benar.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved