Breaking News:

Citizen Reporter

Murid SMP Santo Carolus Tarakanita Surabaya Belajar PKN Dari Pakar Hukum yang Juga Alumni

Para pelajar SMP Santo Carolus Tarakanita Surabaya berkesempatan belajar PKN langsung dari pakar hukum yang juga alumni sekolah tersebut lewat Zoom

ist
Nova Rosalind saat menjadi pembicara dalam PJJ yang digelar SMP Santo Carolus Tarakanita Surabaya melalui aplikasi Zoom 

SURYA.co.id | SURABAYA -  “Hukum untuk Manusia, Bukan Manusia untuk Hukum” merupakan kata-kata cetusan Satjipto Rahardjo, seorang tokoh aktivis penegakan hukum Indonesia. Kata-kata tersebut serupa dengan ayat Kitab Suci “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” (Markus 2:27).

Pernyataan itu disampaikan oleh Nova Rosalind, S.H., M.H, seorang advokat dan konslutan hukum yang merupakan  alumni SMP dan SMA Santo Carolus Tarakanita Surabaya. Pernyataan itu disampaikannya saat didapuk menjadi pengajar dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digelar SMP Santo Carolus Tarakanita Surabaya.

PJJ ini berlangsung pada Jumat 16 Oktober 2020 pukul 13.00 – 14.20 WIB dengan dipandu oleh guru PKn SMP Santo Carolus Tarakanita, Hanny Noweng. Adapun PJJ ini diadakan untuk siswa/i kelas VII melalui telekonferensi Zoom.

Banyak hal tentang Norma dan Keadilan yang diajarkan oleh Nova, antara lain: ciri-ciri norma hukum, sifat norma hukum, fungsi norma hukum, macam-macam hukum berdasarkan isinya, dan sumber hukum.

Menarik bahwa Nova mengajarkan materi yang dekat dengan kehidupan di sekitar sehingga siswa/i jadi mudah memahaminya, seperti Hukum Privat (Hukum Perdata). Hukum Perdata ini mengatur kepentingan orang perorangan. Contohnya: perjanjian sewa menyewa, perjanjian jual beli, perjanjian menggunakan jasa, dan sebagainya.

Nova tidak lupa untuk mengingatkan anak-anak zaman sekarang yang akrab dengan media sosial. Nova mengajak anak-anak untuk berhati-hati dalam bertindak di media sosial karena bisa terjerumus ke tindakan-tindakan negatif seperti body shaming dan ujaran kebencian. Hal-hal tersebut diatur dalam Undang-undang.

Penulis : Ernest Nugroho, Humas Yayasan Tarakanita Surabaya

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved