Breaking News:

Berita Surabaya

Tujuan Warga Pondok Nirwana Surabaya Edukasi Anak-anak TanamCocor Bebek 

Dalam upaya mengasah skill anak dalam membudidayakan tanaman hias sekaligus herbal seperti cocor bebek di lingkungan rumah.

surya.co.id/zainal arif
Anak-anak belajar menanam cocor bebek di kawasan Pondok Nirwana Rungkut Surabaya, Minggu (18/10/2020). 

SURYA.co.id | Surabaya - Dalam upaya mengasah skill anak dalam membudidayakan tanaman hias sekaligus herbal seperti cocor bebek di lingkungan rumah.

Ketua RT 01 Pondok Nirwana Surabaya, Santiago Hutabarat mengajak anak-anak RW 6 Pondok Nirwana untuk belajar cara bagaimana menanam cocor bebek yang baik dan benar.

"Daripada anak main gadget dan video game lebih baik hobi yang bermanfaat belajar membudidayakan tanaman agar anak memiliki pengalaman secara langsung untuk dapat mereka kembangkan nantinya," katanya saat ditemui SURYA.co.id di kawasan Pondok Nirwana Rungkut Surabaya, Minggu (18/10/2020).

Mereka memulai dengan memasukan tanah kedalam gelas plastik kemasan, kemudian memotong bagian daun, batang dan akar tanaman cocor bebek. Lalu daun, batang, dan akar cocor bebek ditancapkan pada tanah, disiram menggunakan air kemudian diberikan pupuk. 

Bahkan anak-anak sudah membagi jadwal agar dapat bergiliran secara rutin menyirami tanaman cucur bebek setiap pagi dan sore hari.

Sementara pembimbing kegiatan menanam ini, Jerry Lewi Parinussa mengungkapkan anak-anak sangat antusias dalam menanam tanaman cucur bebek ini. Pasalnya sejatinya memang anak-anak yang berkeinginan dapat berkegiatan positif setelah memelihara ikan cupang dirumahnya.

"Setelah lomba ikan cupang kemarin anak-anak terus meminta kegiatan-kegiatan positif selanjutnya, terutama anak-anak sudah bosan dengan sokolah daring, akhirnya kami buatkan wadah untuk mereka belajar cara menanam dengan perasaan yang gembira tentunya," ujarnya.

Salah satu siswa kelas 6 SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya yang ikut kegiatan menanam ini, Siti Nabiyah mengaku sangat senang dapat belajar menanam secara langsung bersama teman-temannya.

"Bosen belajar online terus, setelah ada kegiatan menanam ini, saya jadi lebih bisa produktif dirumah apalagi bisa melakukan hal baru bersama teman-teman seperti ini, ditambah lagi saya jadi tau banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman cocor bebek ini," ungkapnya.

Kedepannya rencananya setelah 3 minggu atau satu bulan. Tanaman akan dipindah ke pot dan akan dijual atau dipasarkan melalui pasar nirwana (pasar online warga RW 06 Pondok Nirwana).

Hal ini ditujukan agar anak-anak belajar berwirausaha dengan menjual hasil tanamannya. Yang mana hasil penghasilan akan sepenuhnya dimiliki oleh anak-anak untuk digunakan secara bijak. 

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved