Breaking News:

Berita Gresik

Sedekah Sampah Drive Thru, Solusi Bersihkan Sampah Tanpa Harus Terpapar Covid-19

Salah satunya dengan adanya drive thru sampah ke dropbox. Dan penyumbang sampah bisa langsung meninggalkan lokasi

SURYA.CO.ID, GRESIK – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik menggelar pekan sedekah sampah (PSS) drive thru. Hal ini untuk mengurangi sampah di masyarakat dan meningkatkan pengumpulan sampah melalui sedekah di masa pandemi Covid-19, Minggu (18/10/2020).

Kasi Pengelolaan Persampahan DLH Gresik, Umaya mengatakan, di masa pandemi kegiatan PSS harus tetap berjalan dengan menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Salah satunya dengan adanya drive thru sampah ke dropbox. Dan penyumbang sampah bisa langsung meninggalkan lokasi,” kata Umaya.

Kegiatan PSS itu melibatkan masyarakat umum, LSM, bank sampah dan beberapa perusahaan. Sehingga hasilnya bisa lebih banyak. Setelah itu, sampah ada yang dijual dan didaur ulang.

“Keterlibatan pihak-pihak itu bertujuan untuk mengurangi dan mengolah sampah dengan cara yang baik. Seperti bank sampah, bisa mendaur ulang dan menjual sampah yang sudah dipilah,” katanya.

Hasil hasil sedekah sampah tersebut, disalurkan kepada masyarakat kurang mampu, fakir miskin dan pasukan kebersihan DLH Gresik. “Kami bersyukur, di tengah pandemi masih bisa membantu masyarakat dari hasil sedekah sampah drive thru,” imbuhnya.

Siti Fitriyah dari asosiasi bank sampah Gresik (Asbag) mengatakan, kegiatan PPS sangat bagus,sebab bisa mengurangi sampah di masyarakat. "

PPS ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga. Kemudian disedekahkan ke DLH dan hasilnya bisa disalurkan untuk fakir miskin,” kata Fitri. ****

Penulis: Sugiyono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved