Breaking News:

Pilbup Mojokerto 2020

Penyebab Ratusan Warga Binaan Lapas Klas-IIB Mojokerto Terancam Golput pada Pilkada Mojokerto 2020

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas-IIB Mojokerto terancam Golput dalam pesta demokrasi Pilbup Mojokerto 2020.

surya.co.id/mohammad romadoni
Lembaga Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas-IIB Mojokerto Jalan Taman Siswa Nomor 10, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Ratusan penghuni Lapas ini terancam tak dapat menyalurkan suaranya dalam Pilkada Mojokerto 2020. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas-IIB Mojokerto terancam Golput dalam pesta demokrasi Pilbup Mojokerto 2020.

Para narapidana yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu berpotensi kehilangan hak suara mereka lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto tidak menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas Klas-IIB Mojokerto.

Ini menyusul lokasi Lembaga Pemasyarakatan tersebut berada luar zona administrasi penyelenggaraan Pilkada yakni di Kota Mojokerto meskipun Lapas Klas-IIB itu menjadi rumah tahanan yang mencakup wilayah Kabupaten Mojokerto.

Padahal, mayoritas di sana kurang lebih ada 80 persen WBP penghuni Lapas Klas-IIB adalah penduduk berdomisili di Kabupaten Mojokerto.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Vikhie Risdianto menjelaskan sesuai PKPU Nomor 17 Tahun 2020 terkait pengadaan TPS di Lapas Klas-IIB dapat diadakan jika lokasinya masuk dalam wilayah penyelenggaraan Pilkada.

Sedangkan, dalam hal pemilih pada rumah tahanan  sebagaimana dimaksud ayat (3) berjumlah paling sedikit 30 orang, KPU Kota/ Kabupaten dapat membentuk TPS di atau Lembaga Pemasyarakatan dengan menetapkan DPT.

"TPS Lembaga Pemasyarakatan itu bisa diadakan kalau memang wilayahnya mempunyai Lapas tersendiri. Lokasi Lapas berada di Kota Mojokerto sehingga di sana tidak diadakan pengadaan TPS," ungkap
Vikhie kepada Surya.co.id, Minggu (18/10/2020).

Dia menyebut hak suara mereka warga binaan Lapas Klas-IIB tetap masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati Mojokerto 2020. KPU Kabupaten Mojokerto juga memastikan mereka yang tercatat dalam DPT dapat menyalurkan hak suaranya dengan mendatangi TPS sesuai yang tercantum di pendaftarannya.

"KPU tetap menjaga hak suara bersangkutan apabila dia katakanlah bisa menggunakan suaranya di TPS sesuai tempat DPT terdaftar," jelasnya.

Menurut dia, regulasi terkait mekanisme pelaksanaan dalam penggunakan hak suara bagi narapidana ini merupakan wewenang dari lembaga Lapas yang bersangkutan. Sebab, tugas KPU adalah mencantumkan narapidana domisili warga Kabupaten Mojokerto dalam DPT dan telah selesai dilaksanakan.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved