Breaking News:

Penanganan Covid

PMI Jember Semprotkan Disinfektan dan Imbau Pentingnya Pakai Masker untuk Putus Penyebaran Covid-19

Palang Merah Indonesia (PMI) Jember terus bergerak dan berpartisipasi dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

surya.co.id/sri wahyunik
Petugas PMI Jember menyemprot disinfektan di Perumahan Villa Tegalbesar Jember, Kamis (15/10/2020). 

Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Jember terus bergerak dan berpartisipasi dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Langkah yang dilakukan PMI Jember dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, antara lain penyemprotan disinfektan, pembagian masker, juga pembagian sprayer dan disinfektan kepada sejumlah lembaga.

Sejak awal pandemi Covid-19, PMI Jember secara rutin melakukan penyemprotan ke sejumlah tempat. Penyemprotan disinfektan saat ini diutamakan kepada kawasan yang memiliki kasus konfirmasi virus Corona.

Berdasarkan data dari PMI Jember, sejak awal hingga pertengahan Oktober ini, disinfektan yang telah disemprotkan sekitar 40ribuan liter.

"Juga dalam satu hari, kami bisa menyemprot sejumlah tempat, sesuai dengan permintaan masyarakat," ujar Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki, Kamis (15/10).

Seperti yang dilakukan pada Kamis (15/10), tim PMI Jember menyemprot lima lokasi dalam sehari. Dua lokasi di antaranya merupakan kawasan perumahan warga.

Selain menyemprotkan disinfektan, PMI Jember juga membagikan alat penyemprot (sprayer) dan disinfektan kepada sejumlah lembaga, seperti pondok pesantren dan yayasan yatim piatu.

Bantuan ke lembaga terdiri atas dua sprayer dan satu karton disinfektan. Bantuan tersebut diberikan untuk menciptakan kemandirian pondok pesantren dalam pencegahan penyebaran covid 19 di lingkungannya masing masing.

Ponpes yang mendapatkan bantuan itu antara lain Ponpes Raudlatul Akbar, Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates. Ada 164 santri di Ponpes tersebut.

Kemudian ada Yayasan Ar Rahmah Jember, lalu ada Yayasan Badan Penolong Pendidikan Anak Yatim/terlantar (Yabappebatim) Hikmatul Ulum Desa Plalangan Kecamatan Kalisat.

"PMI memiliki tugas menolong korban bencana dan mencegah bencana dan ini merupakan bentuk pencegahan. Selain bantuan alat semprot yang kami berikan itu, PMI Jember terus melakukan edukasi ke pondok pesantren maupun yayasan untuk bisa melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan sendiri. Penyemprotan bisa dilakukan setiap saat oleh mereka sehingga tidak perlu menunggu kedatangan petugas melainkan dilakukan dengan mandiri di masing masing pondok ataupun yayasan," tegas Zaenal.

Pembagian masker juga masih terus dilakukan, seperti yang dilakukan pada Rabu (14/10) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger.

Petugas PMI membagikan masker, juga memberikan edukasi pentingnya memakai masker kepada masyarakat setempat.
Petugas juga menyemprot disinfektan ke kawasan TPI yang setiap hari menjadi tempat berkumpulnya orang karena lokasi transaksi jual beli ikan.

Edukasi dan pembagian masker dilakukan pagi hari ketika kawasan TPI Puger dipadati warga. Sedangkan penyemprotan dilakukan siang hari, ketika kawasan itu sudah sepi warga.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Fatkhul Alami
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved