Berita Surabaya

Perekrutan KPPS di Surabaya Baru 75 Persen dari Total Kuota, KPU Optimistis Penuh di Hari Terakhir

Jumlah KPPS di Surabaya menjadi yang terbanyak di Jawa Timur. Mengingat, jumlah TPS untuk pilkada serentak yang mencapai 5.184 TPS

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
ILUSTRASI - Suasana salah satu TPS di Kota Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Surabaya baru memenuhi 75 persen dari kuota yang dibutuhkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya optimis kuota akan terpenuhi pada hari terakhir pendaftaran pada Minggu (18/10/2020).

"Hingga saat ini, hampir 75 persen. Tinggal satu kecamatan yang belum (memenuhi kuota)," kata Komisioner KPU Surabaya, Subairi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (17/10/2020).

Subairi menjelaskan, bahwa antusiasme pendaftar calon KPPS meningkat jelang penutupan pendaftaran. Sehingga KPU kini sibuk menginvestarisasi nama calon KPPS.

"Masyarakat sangat antusias. Bahkan, ada di beberapa kelurahan di Surabaya melebihi kuota yang dibutuhkan," kata Subairi yang membawahi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini.

Dalam proses seleksi, para calon petugas KPPS harus memenuhi persyaratan. Di antaranya, verifikasi administrasi seperti usia minimal 20 dan maksimal 50 tahun.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan bertugas menyeleksi.

"Soal syarat administrasi, tidak berafiliasi politik serta tak menjadi simpatisan partai politik tertentu," katanya.

Para petugas KPPS akan berkerja selama sebulan, dimulai pada 23 November.

"Mereka bekerja sejak sebelum pemungutan suara hingga pasca perhitungan suara," katanya.

Para petugas KPPS akan bekerja mengawal suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tiap TPS, memiliki 7 petugas KPPS.

Untuk diketahui, jumlah KPPS di Surabaya menjadi yang terbanyak di Jawa Timur. Mengingat, jumlah TPS untuk pilkada serentak yang mencapai 5.184 TPS sehingga dibutuhkan 36.288 petugas KPPS.

Tak hanya Surabaya, KPU Sumenep pun juga terus membuka pendaftaran di delapan kecamatan di wilayah itu hingga 18 Oktober 2020.

Menurut anggota KPU Sumenep Rafiqi, pendaftar di wilayahnya juga belum memenuhi kuota.

Delapan kecamatan tersebut yakni Talango, Saronggi, Sapeken, Masalembu, Lenteng, Kangayan, Guluk-Guluk dan Bluto. Jumlah petugas KPPS yang belum terpenuhi sebanyak 1.237 orang, dari total jumlah kebutuhan sebanyak 17.500 orang.

Surabaya dan Sumenep menjadi dua di antara 19 daerah di Jawa Timur yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Rencananya, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved