Breaking News:

Berita Surabaya

Beri Nuansa Berbeda, Wisuda ITS Tampilkan Arak-arakan Virtual

Wisuda ITS ke-122, Sabtu (17/10/2020), arak-arakan wisudawan ini dimodifikasi secara virtual menggunakan media permainan Minecraft

Istimewa
Tradisi arak-arakan usai wisuda dilakukan secara virtual menggunakan Minecraft pada wisuda ITS ke-122, Sabtu (17/10/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Tradisi arak-arakan wisudawan usai prosesi wisuda menjadi tradisi dari tahun ke tahun sebagai bentuk selebrasi wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sayangnya karena pandemi, tradisi ini tidak bisa dilaksanakan pada wisuda ITS ke-122, Sabtu (17/10/2020).

Untuk itu, arak-arakan wisudawan ini dimodifikasi secara virtual menggunakan media permainan Minecraft.

Pihak kampus juga menyediakan media menggunakan Zoom dan juga bekerja sama dengan komunitas Kakatoa Games Network untuk menyediakan media Minecraft.

Alifa Izzan Akhsani, salah satu wisudawan yang juga merupakan koordinator dari program ini menjelaskan, bahwa wisudawan yang berminat mengikuti arak-arakan wisuda Minecraft telah diberikan akses ke dunia Minecraft Kampus ITS.

"Akses yang diberikan berskala 1:1, yang dibuat oleh tim dari komunitas dan mahasiswa baru ITS 2020 melalui channel khusus. Sehingga mereka bisa melakukan tradisi arak-arakan tanpa diganggu pihak luar kampus,"urainya.

Pemuda yang akrab disapa Izzan ini menambahkan, komunitas Kakatoa Games Network juga menyiapkan beberapa hal baru.

"Ada fitur khusus untuk moment wisuda dan arak arakan, yakni ada fitur sewa kendaraan wisuda dan juga tempat untuk swafoto di kampus,"ucapnya.

Arak-arakan virtual ini turut memeriahkan wisuda ITS meluluskan total 2.866 mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan, yakni Diploma (D3 dan D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), Doktor (S-3), dan Program Profesi Insinyur (PPI).

Dari total wisudawan tersebut, sebesar 28 persen atau sebanding dengan 730 mahasiswa berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Istimewanya, 119 wisudawan atau sebanyak 32 persen yang mendapat predikat cumlaude merupakan penerima beasiswa Bidikmisi.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya mengungkapkan, kali ini adalah wisuda yang istimewa. Pasalnya para wisudawan dapat merayakan kelulusan bersama keluarga dan sahabat di rumah masing-masing.

"Jadi tentunya wisuda ini menjdi hikmah di tengah-tengah pandemi Covid-19,” ungkap rektor yang kerap disapa Ashari ini.

Tak lupa, ia pun mendoakan agar masa depan cerah menanti seluruh wisudawan ITS ke-122 ini.

"Wisuda kali ini tak hanya sekedar melaksanakan pesta kelulusan, ada juga program Wisuda Berbagi. Ini merupakan bentuk rasa syukur atas terselenggaranya wisuda tahun ini," urainya.

Program ini mengajak seluruh wisudawan beserta sivitas akademika ITS untuk membantu anak-anak di daerah Jombang, Surabaya dan Bojonegoro yang kekurangan akses belajar di masa pandemi ini.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved