Breaking News:

Gila ! 26 Penumpang Positif Covid-19 Lolos Terbang ke Minangkabau, Bawa Surat Bebas Covid  

Kebijakan tes swab di bandara bagi penumpang yang datang merupakan langkah antisipasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar

surya.co.id/ahmad zaimul haq
ILUSTRASI - Layanan perawatan dan isolasi pasien terkonfirmasi covid-19 di RS Lapangan Indrapura, Jumat (25/9/2020). 

 SURYA.co.id I PADANG - Para penumpang pesawat telah diwajibkan membawa hasil rapid test non-reaktif, namun ternyata tetap saja ada penumpang yang ditemukan positif covid-19.

Kasus paling baru ditemukan petugas Banadara Internasional Minangkabau (BIM), yang melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang yang baru mendarat.

Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, 26 penumpang sekaligus.

Mereka setelah mendarat di BIM dan menjalani tes swab. "Ada 26 sampel tes swab dari BIM yang positif Covid-19 hari ini," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi, Jumat (16/10/2020).

Menurut Jasman, penumpang yang positif tersebut menjalani tes swab pada Rabu (14/10/2020) dan Kamis (15/10/2020). "Ada yang dua hari lewat dan ada kemarin. Total sampelnya ratusan dan 26 di antaranya ditemukan positif," kata Jasman.

Jasman mengatakan, kebijakan tes swab di bandara bagi penumpang yang datang merupakan langkah antisipasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kebijakan ini sudah lama sebelum Lebaran lalu. Penumpang yang dites swab gratis tanpa dipungut biaya. Jadi silakan manfaatkan program tes swab gratis di bandara ini," kata Jasman.

Bukan yang pertama Menurut Jasman, lolosnya 26 penumpang positif Covid-19 yang naik pesawat dan ketahuan di BIM bukanlah kasus pertama. "Ini bukan yang pertama. Sebelum-sebelumnya juga sudah pernah," jelas Jasman.
Mereka yang lolos sebelumnya membawa bekal surat rapid test yang hasilnya nonreaktif.

Setelah itu naik pesawat dengan tujuan BIM. Tiba di BIM kemudian melakukan tes swab. "Kemudian keluar hasilnya positif sehingga kita lakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak," jelas Jasman.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved