Breaking News:

Berita Surabaya

Rayakan Hari Pangan Sedunia, Ubaya Bagikan Starter Kit Berkebun untuk Warga Sekitar Kampus

Gerakan menanam mandiri di pekarangan rumah ini digawangi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

surya.co.id/sulvi sofiana
Tim Pusdakota Ubaya membagikan starter kit berkebun berupa bibit sayur dan buah kepada warga di Balai RW 07 Mejoyo, Kali Rungkut, Kota Surabaya, Kamis (15/10/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Hari Pangan Sedunia (World Food Day) yang jatuh pada 16 Oktober 2020 diperingati Universitas Surabaya (Ubaya) dengan membagikan starter kit berkebun ke warga sekitar kampus.

Gerakan menanam mandiri di pekarangan rumah ini digawangi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan (Pusdakota).

Rizal Ahmad Ramadhanny, salah satu tim Pusdakota Ubaya mengungkapkan Starter kit berkebun berupa bibit sayur dan buah dibagikan kepada warga pada di Balai RW 07 Mejoyo, Kali rungkut, Surabaya, Kamis (15/10/2020).

"Melalui peringatan ini, LPPM bersama Pusdakota Ubaya bergerak ingin mengajak warga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pangan dengan mulai menanam sayur dan buah secara mandiri di pekarangan rumah,"urainya.

Tim Ubaya membagikan 30 starter kit berkebun yang terdiri dari bibit sayur dan buah, pot tanaman, media tanam berupa tanah dan pupuk, serta polybag.

"Bibit sayur dan buah yang diberikan kepada warga yaitu kangkung, bayam hijau, dan terong. Warga juga mendapatkan satu tanaman sayur atau buah yang sudah tumbuh dari kebun Ubaya Training Center (UTC),"papar Rizal.

Beberapa tanaman yang dibagikan seperti sawi, daun bawang, pagoda, selada, kangkung, dan tomat.

Pemilihan bibit serta tanaman yang diberikan kepada warga, dikatakan Rizal merupakan hasil diskusi akan kebutuhan konsumsi dan kondisi warga setempat.

Aktivitas ini diharapkan menjadi alternatif menghilangkan rasa bosan selama pandemi di rumah.

Selain itu, warga juga dapat memastikan kebutuhan nutrisi pangan diri sendiri atau keluarga.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved