Breaking News:

Berita Surabaya

Lewat DPRD Jatim, DPRD Jember Dorong Mendagri Beri Sanksi Bupati Jember terkait Mutasi Pejabat

Ketua Komisi A DPRD Jember Tabroni Adyuta menyampaikan kunjungan ini menindaklanjuti surat Kemendagri kepada Pemprov Jatim yang ditembuskan ke DPRD.

surya.co.id/bobby constantine koloway
Komisi A DPRD Jember seusai bertemu DPRD Jatim, Kamis (15/10/2020). 

SURYA.co.id, SURABAYA - DPRD Jember kembali mendatangi DPRD Jatim, Kamis (15/10/2020). Mereka menyampaikan aspirasi kepada DPRD Jatim agar bisa mendorong Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bisa memberikan sanksi tegas kepada Bupati Jember Non-aktif , Faida.

Ketua Komisi A DPRD Jember, Tabroni Adyuta, menyampaikan bahwa kunjungan ini menindaklanjuti surat dari Kemendagri kepada Pemerintah Provinsi Jatim yang ditembuskan ke DPRD Jember.

Surat klarifikasi bernomor: 800/5072/OTDA tersebut berisi klarifikasi Kemendagri kepada pemerintah setempat.

Menurut Tabroni, dalam surat tersebut, Mendagri mengklarifikasi tidak pernah memberikan izin kepada Bupati Jember terkait mutasi 726 pejabat di lingkungan Pemkab Jember pada Januari lalu.

Hal ini, menurutnya, bertolak belakang dengan pernyataan Bupati yang menyebut mendapatkan rekomendasi dan izin dari Kemendagri atas pelaksanaan mutasi tersebut.

"Menindaklanjuti surat tersebut, kami hari ini membagi dua tim. Ada yang ke Pemrov, ada yang ke DPRD Jatim," kata Tabroni dikonfirmasi seusai acara pertemuan.

Menindaklanjuti klarifikasi tersebut, menurutnya, harus ada sanksi tegas dari Mendagri kepada Bupati.

"Kami ingin sampaikan keluhan tersebut bahwa harus ada sanksi tegas dari Mendagri. Bukan lagi ringan, namun harus tegas," katanya.

"Kewenangan pemberian sanksi tak perlu diberikan kepada Gubernur, namun seharusnya langsung diberikan kepada Bupati oleh Mendagri. Ini harapan kami," kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Pada prinsipnya, DPRD Jember ingin mewujudkan pemerintahan yang harmonis. Para birokrat dilingkungan pemkab harus bisa memberikannya pelayanan prima kepada rakyat demi mengefektifkan pembangunan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved