Breaking News:

Berita Sidoarjo

Genjot Sidoarjo ke Zona Kuning, Pj Bupati Gebrak Kedisiplinan Prokes di Pabrik-Pabrik

Kalau ada karyawan yang terkena operasi yustisi di luar, maka pengelola pabrik akan mendapat teguran langsung dari Pj Bupati Sidoarjo

surya/m taufik
Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono memeriksa kesiapan pabrik-pabrik menerapkan protokol kesehatan, Kamis (15/10/2020). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Target menjadikan Sidoarjo berubah dari zona orange ke zona kuning resiko persebaran Covid-19, ditindaklanjuti dengan serius oleh Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono.

Selain melakukan sosialisasi ke kecamatan dan desa-desa, seluruh industri di Sidoarjo juga digedor, diminta gencar melakukan operasi yustisi di dalam perusahaannya.

Kalau ada karyawan yang terkena operasi yustisi di luar, maka pengelola pabrik akan mendapat teguran langsung dari Pj Bupati Sidoarjo. "Ini adalah upaya kita bersama supaya Sidoarjo segera menjadi zona kuning," ujar Hudiyono di sela kunjungan ke beberapa pabrik, Rabu (14/10/2020).

Hudiyono juga meminta cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer diperbanyak di lingkungan perusahaan. Dan dari hasil sidak di dua pabrik, yakni PT Avian dan Pabrik Sepeda Polygon, sudah ada penerapan protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Keduanya sudah memiliki SOP protokol kesehatan.

"100 Persen karyawannya sudah memakai masker, kedua perusahaan juga sudah menerapkan protokol kesehatan. Namun saya minta lebih diperbanyak tempat cuci tangan dan kebersihan area pabrik lebih diperhatikan," ujar Hudiyono.

Misalnya di Avian, jika ada karyawan yang melanggar protokol kesehatan maka dikenai sanksi internal. Sanksi akan diperberat berupa surat peringatan (SP) kalau ada pegawai yang terkena razia operasi yustisi.

"Di pabrik kami sudah diberlakukan aturan bagi seluruh karyawan apabila ada yang terkena razia operasi yustisi, maka akan disanksi SP," kata Eko, Ketua Satgas Covid-19 PT Avian.

Ditambahkan pula, aturan ini sudah diberlakukan sejak ada pegawai yang terkena operasi yustisi. Sejak aturan itu diberlakukan, sampai saat ini tidak ada lagi pelanggaran.

Selain sidak protokol kesehatan, kedatangan Pj Bupati dan sejumlah pejabat Sidoarjo juga untuk mengecek jumlah pegawai yang terkena PHK. Juga meminta kepada manajemen pabrik untuk mensosialisasikan UU cipta kerja kepada seluruh karyawannya. ****

Penulis: M Taufik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved