Breaking News:

Berita Surabaya

Prodi S3 Ilmu Keolahragaan Unesa Gelar PKM Virtual, Angkat Tema Perilaku Hidup Sehat

Dengan menerapkan dan memahami PHBS diharapkan dapat meminimalisir risiko dan dampak pandemi COVID-19

Foto Istimewa
Prodi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Unesa menggelar kegiatan PKM secara Virtual, Rabu (14/10/20). 

SURYA.CO.ID SURABAYA - Adanya pandemi corona di Indonesia, tak menyurutkan semangat mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya, khususnya Prodi S3 Ilmu Keolahragaan (Ikor) untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Bekerja sama dengan KKG Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) se-Surabaya Barat, Prodi S3 Ikor Pascasarjana Unesa menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara virtual.

Kegiatan PKM itu mengangkat tema diseminasi perilaku hidup sehat bagi guru PJOK di Sekolah Dasar se-Surabaya Barat sebagai upaya pencegahan penularan virus COVID-19

"Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk melakukan upaya mitigasi dan kesiapan sekolah seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada situasi tatanan kehidupan baru," ujar Ketua Tim PKM dari Prodi S3 Ikor Pascasarjana Unesa yakni Prof Dr drg Soetanto Hartono, MSc, Rabu (14/10/20).

Menurutnya, dengan menerapkan dan memahami PHBS diharapkan dapat meminimalisir risiko dan dampak pandemi COVID-19 pada bidang pendidikan khususnya sekolah, di mana terdapat potensi yang besar terhadap penularan COVID-19.

Ia juga menambahkan, workshop ini merupakan program yang dirancang sebagai pendampingan terhadap guru sekolah dasar untuk mempersiapkan masa sekolah secara tatap muka, yang mungkin akan dilaksanakan pada semester genap, Januari 2021.

"Peserta kegiatan ini cukup banyak. Ada 50 guru dari beberapa sekolah dasar di wilayah Surabaya barat," kata Prof Soetanto.

Adapun untuk sebaran peserta, dikatakannya berasal dari 7 kecamatan yang ada di Surabaya Barat.

Sementara itu, Wawan, Guru PJOK yang mengikuti workshop menyebut kegiatan ini luar biasa yang melibatkan guru PJOK SD Se-Surabaya Barat, mengingat selama pandemi ini sedikit kegiatan workshop yang melibatkan guru PJOK di Kota Surabaya.

“Sehingga, bagi saya sendiri melalui kegiatan ini tentunya mampu menambah wawasan bagi para guru untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa dan siswi di Kota Surabaya,” tandas Wawan.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved