Berita Lamongan

Kebutuhan 21.497 Petugas KPPS Kurang, KPU Lamongan Akan Perpanjang Pendaftaran

Kalau ternyata masih kurang dari kebutuhan 21.497 petugas KPPS, maka KPU akan memperpanjang masa pendaftaran.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Kantor KPU Lamongan, sudah melakukan rekrutmen petugas KPPS untuk Pilkada 2020. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan akan menyesuaikan kebutuhan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan jumlah pendaftar yang masuk.

Kalau ternyata masih kurang dari kebutuhan 21.497 petugas KPPS, maka KPU akan memperpanjang masa pendaftaran.

Selama persiapan penyelenggaraan Pilkada Lamongan pada 9 Desember 2020 nanti, KPU memang melakukan rekrutmen anggota KPPS. Dan prosesnya dilaksanakan di masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak beberapa waktu lalu.

"Kita langsung mengarahka pendaftaran di tingkatan PPK. Dan Selasa (13/10/2020) adalah hari terakhir rekrutmen," kata Ketua KPU, Mahrus Ali, Selasa (13/10/2020).

Untuk kepentingan pelaksanaan Pilkada Lamongan, KPU Lamongan membutuhkan banyak petugas KPPS. Kebutuhannya adalah, 7 x 3.071, yaitu 7 petugas KPPS untuk setiap TPS, dikalikan jumlah TPS sebanyak 3.071.

Sementara untuk jumlah pendaftar, Mahrus belum mengetahui secara pasti karena masih dalam proses input data. "Datanya masih dinamis. Bila jumlah yang mendaftar tidak dapat memenuhi jumlah yang dibutuhkan, kita lakukan perpanjangan masa pendaftaran," katanya.

Sebaliknya, jika jumlah pendaftar KPPS melebihi kuota yang dibutuhkan, KPU akan melakukan seleksi. "Kalau melebihi kuota segera dilakukan seleksi administrasi, tetapi kalau pendaftarnya masih kurang, kita perpanjang masa pendaftarannya, " pungkasnya. ***

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved