Breaking News:

Berita Banyuwangi

1.540 Warga Kabupaten Banyuwangi Nikmati Hibah Air Bersih

Peningkatan sanitasi di lingkungan warga terus menjadi perhatian Pemkab Banyuwangi.

Foto Humas Pemkab Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau di Lingkungan Wangkal Timur Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Senin (12/10/2020) 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Peningkatan sanitasi di lingkungan warga terus menjadi perhatian Pemkab Banyuwangi.

Pada tahun ini, ada 1.500 lebih masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan layanan sambungan baru air bersih secara gratis yang dipasang Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan layanan ini adalah pelaksanaan dari Program Hibah Air Bersih Perkotaan yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Melalui program ini, lanjut Anas, pemerintah daerah didorong melakukan upaya mengatasi masalah akses air bersih warga miskin yang didukung oleh Kementrian PUPR.

Termasuk salah satunya memfasilitasi biaya pemasangan sambungan baru bagi warga.

“Pada tahun ini Banyuwangi mengajukan sebanyak 1.575 sambungan rumah (SR). Setelah diverifikasi, ada 1.540 SR yang disetujui oleh Kementerian PUPR. Alhamdulillah, Oktober ini seluruhnya selesai dipasang,” kata Anas, Selasa (13/10/2020).

Anas sendiri telah meninjau sejumlah lokasi, seperti di Lingkungan Wangkal Timur Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Senin (12/10/2020).

Hingga Oktober 2020, total ada 1.540 sambungan rumah (SR) di 13 kecamatan yang telah terpasang.

Warga yang semula kesulitan mengakses air bersih, kini bisa mendapatkan dengan mudah karena di rumahnya telah terpasang sambungan PUDAM.

Direktur Utama PUDAM Banyuwangi Widodo Waluyo menjelaskan bahwa lewat program hibah dari Kementrian PUPR ini warga akan menikmati keuntungan membayar biaya sambungan baru yang lebih murah dari biaya regular, bahkan bebas biaya

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved