Breaking News:

Pilkada 2020

Pelaku Usaha di Kabupaten Banyuwangi Senang Ada Program UMKM Naik Kelas Ala Ipuk-Sugirah

Dalam beberapa tahun terakhir, seiring kemajuan Banyuwangi, Heru mengakui usahanya banyak mengalami peningkatan.

surya.co.id/haorrahman
Ipuk Fiestiandani saat mengunjungi produsen minuman sari rempah-rempah Putri Wangi, Singotrunan Banyuwangi, Senin (12/10/2020). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Program Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas yang diusung oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan Sugirah, sangat dinantikan para pelaku usaha.

"Saat ini saja, dengan program-program yang dilakukan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas, banyak UMKM yang menerima manfaatnya. Apalagi dengan program UMKM Naik Kelas dari Bu Ipuk dan Pak Sugirah nantinya,” kata Heru Prayitno, produsen minuman sari rempah-rempah “Putri Wangi”, Singotrunan Banyuwangi, usai bertemu Ipuk, Senin (12/10/2020).

Dalam beberapa tahun terakhir, seiring kemajuan Banyuwangi, Heru mengakui usahanya banyak mengalami peningkatan. Saat ini Sari Rempah telah diekspor ke berbagai negara.

Heru memulai usaha produksi sari temulawak pada 2010. Selanjutnya pada 2017 Heru membuat inovasi dengan temulawak celup dan sari jahe celup.

Sejak saat itulah usahanya mulai meningkat. Ditambah lagi dibantu promosi yang dilakukan oleh Bupati Anas.

Heru juga merasakan dukungan dari pemerintah yang memberikan perhatian pada UMKM.

"Bupati Anas ke sini dua kali. Beliau ikut mempromosikan, dibawa ke Australia dan dikenalkan ke pemerintah pusat," kata Heru.

Dengan inovasi temulawak celup yang lebih praktis, membuat produk Sari Rempah telah dikirim ke seluruh Indonesia, juga berbagai negara seperti Turki, Brunei Darussalam, Malaysia, Australia, dan lainnya. Bahkan Sari Rempah telah masuk katalog produk Istana Negara.

"Produk kami telah masuk katalog Istana Negara, sehingga bisa dikonsumsi Presiden Jokowi," katanya.

Selain produksi Sari Rempah, Ipuk juga mengunjungi UMKM pembuat tempe di Kalilo Banyuwangi.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved