Breaking News:

Otomotif

Tips Berkendara yang Benar dan Aman di saat Musim Penghujan ala Istruktur Safety Riding MPM Honda

Musim penghujan segera tiba. Biasanya berbagai kendala saat berkendara di musim hujan, antara lain, jalan licin dan genangan air.

surya.co.id/fikri firmansyah
Pengendara Honda ADV 150 dilengkapi jas hujan sedang berkendara di musim penghujan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Musim penghujan segera tiba. Biasanya berbagai kendala saat berkendara di musim hujan, antara lain, jalan  licin dan genangan air.

Lalu bagaimana cara berkendara yang benar dan aman saat memasuki musim hujan?

Istruktur Safety Riding MPM Honda, Hari Setiawan, menuturkan pertama harus dilakukan ketika berkendara menggunakan motor adalah cek kelengkapan berkendara.

"Jadi yang saya maksud perlengkapan berkendara (Riding Gear) yaitu menyiapkan dan wajib memakai helm, sarung tangan, celana panjang, masker, dan memakai alas kaki tertutup serta jas hujan," ujar Hari, Jumat (9/10/2020).

Dalam memilih jas hujan, lanjut Hari, sebaiknya pilih jas hujan model baju dan celana agar lebih nyaman berkendara dan melindungi seluruh tubuh ketika terjatuh. Kemudian, perlu untuk mengecek kondisi kendaraan.

"Cek secara berkala kondisi kendaraan yang akan kita pakai seperti ban dan jika ban mulai gundul segeralah mengganti agar melewati jalan licin dan basah tidak terjadi slip," tambahnya.

Tak hanya itu,  saat berkendara di musim hujan hindari melakukan pengereman mendadak.

"Cara menghindari pengereman mendadak yaitu dengan selalu jaga jarak aman dengan kendaraan didepan dan pandangan mata jauh ke arah yang dituju," terangnya.

Selain menghindari pengereman mendadak, wajib juga menghindari banjir.

Jika keadaan hujan memburuk, lebih baik berhenti untuk berteduh agar terhindar dari kecelakaan yang diakibatkan oleh alam dan lingkungan.

Terkait peran pencahayaan, Hari menandaskan pastikan lampu kendaraan menyala agar mudah terlihat oleh pengendara lain saat hujan.

"Dan paling terpenting perhatikan kondisi kesehatan pengendaranya sendiri," pungkasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved