Breaking News:

Advertorial

Ketua DPRD Gresik Siapkan Regulasi untuk Meningkatkan Pemdes dari Sektor Pariwisata Desa

DPRD Kabupaten Gresik berusaha meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa dari sektor pariwisata desa.

Adv
Ketua DPRD Gresik, H Abdul Qodir. 

SURYA.CO.ID, GRESIK – DPRD Kabupaten Gresik berusaha meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa (Pemdes) dari sektor pariwisata desa. Sebab pariwisata desa diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa, Jumat (9/10/2020).

Ketua DPRD Gresik, H Abdul Qodir mengatakan, pentingnya Pemdes di saat pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Salah satunya dengan meningkatkan roda perekonomian di sektor pariwisata desa. Masyarakat bisa terlibat sebagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Seperti menjual jajanan, cinderamata dan jasa.

“Kami (DPRD Kabupaten Gresik, red) melalui komisi II dan IV akan membuat regulasi tentang peraturan yang bisa mengayomi pariwisata desa. Sehingga ada kejelasan dalam mengelola pariwisata desa dan kejelasan dalam pendapaan asli desa dan PAD Kabupaten,” kata Qodir, yang juga anggota Fraksi PKB.

Qodir juga memberikan contoh, seperti pariwisata religi Makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim mampu membukukan pendapatan dari sektor pariwisata mencapai Rp 2,5 miliar.

Hal itu dilihat dari putaran ekonomi yang sangat besar di masyarakat sekitar. Sehingga UMKM tumbuh dan pembayaran pajak daerah juga ada.

“Salah satunya kami menyiapkan regulasi, agar wisata desa juga diberikan bantuan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan dan papan petunjuk ke tempat pariwisata desa tersebut,” imbuhnya. (*)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved