Breaking News:

Berita Kediri

Dimake-Over, ODGJ Gimbal di Kediri Berubah bak Bintang Hollywood Anil Kapoor

Petugas pun membujuk dan membawa 'Bob Marley' ini dengan mobil patroli ke Kantor Satpol PP Kota Kediri untuk mendapatkan perawatan

surya/didik mashudi
Penampilan Ali, ODGJ, sebelum dan sesudah "dipermak" petugas Satpol PP Kota Kediri, Jumat (9/10/2020). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Penampilan Ali, warga Pekanbaru Riau yang juga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berubah total setelah dibersihkan oleh petugas Satpol PP Kota Kediri, Jumat (9/10/2020).

Petugas sukses melakukan 'make-over' atas Ali yang sebelumnya lusuh dan telanjang, sehingga terlihat bersih dan malah mirip Anil Kapoor, bintang Bollywood India.

Setelah dimandikan, dicukur dan diberi pakaian yang pantas, Ali sudah bisa diajak duduk santai sambil minum kopi bersama Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid. "Penampilan Ali memang sudah berubah. Kalau diajak ngopi, tidak akan tahu kalau ia ODGJ," kelakar Nur Khamid kepada SURYA.

Padahal, penanganan Ali awalnya memang tidak mudah. Petugas Satpol PP memang harus sabar menangani kasus ODGJ yang diamankan itu. Petugas mendapat laporan dari masyarakat bahwa Ali keluyuran tanpa busana di jalan wilayah Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto.

Dari hasil penyisiran petugas, Ali ditemukan berjalan tanpa pakaian selembar pun sehingga mengganggu pemandangan. Kulitnya berdebu dan terbakar matahari, kumis dan cambangnya panjang tak terurus dan rambutnya panjang gimbal ala Bob Marley.

Petugas pun membujuk dan membawa 'Bob Marley' ini dengan mobil patroli ke Kantor Satpol PP Kota Kediri untuk mendapatkan perawatan. Petugas kemudian memandikan Ali dengan telaten, membersihkan rambutnya dengan sampo.

Selanjutnya petugas juga memotong rambutnya yang gimbal menjadi pendek. Termasuk merapikan kumis dan jenggotnya. Petugas juga menyiapkan makanan dan minuman. ODGJ dengan hiasan gambar tatto di tubuhnya itu menurut.

Setelah "dipermak" petugas juga memberikan baju dan celana panjang untuk dipakai. Setelah didandani terlihat perbedaan penampilannya, dari semula kumuh menjadi bersih klimis dengan bentuk kumis ala Anil Kapoor.

Selain itu petugas juga dapat mengetahui identitasnya karena masih bisa diajak berdialog. "Setelah penanganan awal diketahui identitasnya bernama Ali warga Kota Pekanbaru, Riau," jelas Nur Khamid.

Langkah selanjutnya petugas berkoordinasi dengan pihak Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kediri untuk penanganan lebih lanjut. ***

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved