Breaking News:

Berita Gresik

Tingkatkan Ekonomi saat Pandemi Covid-19, Semen Indonesia Gelar Training Kewirausahaan

Acara ini diharapkan menumbuhkan minat dan melatih kreativitas siswa-siswi serta mahasiswa untuk berwiraswasta.

surya.co.id/sugiyono
GM CSR Semen Indonesia, Edy Saraya (baju batik) saat kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Gresik, Rabu (7/10/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan lingkungan akademisi berupa training kewirausahaan siswa SMA/SMK dan dana hibah kepada Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah (KSPPS), Rabu (7/10/2020).

General Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Indonesia, Edy Saraya, mengatakan, kerjasama ini untuk meningkatkan program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19.

Selain itu, juga pemberdayaan masyarakat dan upaya menciptakan lapangan kerja melalui terciptanya entrepreneur muda juga UMKM.

Lebih lanjut, Edy mengatakan, kerjasama dengan perguruan tinggi (PT) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) ini sudah diawali sejak November 2019.

Saat itu mengadakan training kewirausahaan siswa SMA/SMK dan Mahasiswa yang mengikuti seleksi ‘Building Gresik’s Young Enterpreneur’.

“Acara ini diharapkan menumbuhkan minat dan melatih kreativitas siswa-siswi serta mahasiswa untuk berwiraswasta. Dengan membekali pengetahuan tentang merintis usaha, sharing pengetahuan dan pinjaman modal,” kata Edy.

Untuk menjaga agar program tersebut terus berkelanjutan, maka sebagai bentuk kepedulian perusahaan melaui program SIG Mandiri dan sehat, memberikan bantuan modal untuk membantu calon entrepreneur tersebut.

“Melalui Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah (KSPPS) BTM AL DAII diharapkan penyaluran modal usaha kepada UMKM yang dikembangkan mahasiswa dan masyarakat Gresik bisa berjalan optimal, profesional serta memberi manfaat kepada masyarakat khusunya kepada calon pengusaha UMKM di saat pandemi,” katanya.

Lebih lanjut Edy mengatakan, hibah penyaluran modal saat ini sebesar Rp 100 juta.

“Ini merupakan langkah awal, dimana PT Semen Indonesia akan terus monitoring dan evaluasi terhadap perkembangan Koperasi serta UMKM yang menjadi nasabahnya. Semen Indonesia juga akan meminta agar Al DAII melakukan pembinaan kepada nasabahnya melalui seminar, pelatihan dan mengadakan pameran sebagai event untuk mempromosikan para nasabahnya,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG, Suwarno, mengatakan, adanya koperasi ini untuk belajar mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan wirausahanya.

Sehingga, setelah lulus bisa langsung hidup mandiri dengan mengembangkan wirausaha yang telah dilaksanakan sejak mahasiswa.

“Kami banyak mahasiswa yang mempunyai usaha, sehingga dengan adanya KSPPS BTM AL DAII bisa memberikan kemudahan dalam mendapatkan modal,” kata Suwarno.

Terpisah, Kepala KSPPS BTM AL DAII Umaimah, mengatakan, bantuan hibah dana dari Semen Indonesia ini sangat mendukung peningkatan koperasi dalam mengembangan usaha dan anggota koperasi yang berwirausaha.

“Suport dari Semen Indonesia bagi koperasi ini bisa menjadi pendorong kemandirian anggota dalam mengembangkan usaha. Khususnya bagi mahasiswa, alumni UMG dan masyarakat umum,” kata Umaimah yang juga dosen FEB UMG.

Penulis: Sugiyono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved