Breaking News:

Di Tengah Pandemi, Ekspor Keramik INKA Tembus AS

Produsen keramik, PT Internusa Keramik Alamasri (INKA) berhasil membawa brand Essenza menembus ekspor Amerika Serika (AS).

Foto: PT INKA
Keberangkatan perdana ekspor keramik Essenza ke AS yang berlangsung pada akhir September 2020 lalu.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Produsen keramik, PT Internusa Keramik Alamasri (INKA), anak usaha dari PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, berhasil membawa brand Essenza menembus pasar ekspor di Amerika Serikat (AS).

Hal ini ditandai dengan pengiriman perdana pada 30 September 2020.

Meskipun kondisi ekonomi nasional saat ini masih cukup menantang, namun Essenza berhasil menunjukkan fondasi yang kuat dalam melihat potensi pasar internasional secara jangka panjang.

"Hal ini dibuktikan dengan realisasi rencana kerja Essenza dalam melakukan ekspansi ke pasar internasional," kata Angelica Lie, Direktur Pelaksana PT INKA, Senin (5/10/2020).

Langkah ini juga merupakan upaya perusahaan dalam mendukung Pemerintah untuk mengharumkan nama Indonesia dengan mengekspor produk keramik Essenza yang berkualitas tinggi.

Di mana hal ini meningkatkan potensi keramik nasional dalam memasuki persaingan pada perdagangan internasional.

"Selain untuk meningkatkan daya saing produk keramik nasional di liga persaingan dunia, inisiatif ini sejalan dengan strategi perusahaan dalam memperkuat kehadiran Essenza di mata dunia," tambah Angelica Lie.

Di mana perusahaan berharap bahwa Essenza dapat digunakan oleh seluruh dunia dan mampu memberikan inspirasi serta inovasi baru dalam pelaksanaan proyek properti berskala internasional.

Oleh sebab itu, ekspor ke AS merupakan awal permulaan bagi perusahaan untuk membuka pintu ekspor ke negara lainnya.

Untuk produk yang diekspor merupakan produk – produk yang sudah dijual di Indonesia dan akan dipasarkan di California yang merupakan salah satu negara bagian di AS.

"Pangsa pasar di California pun masih sangat luas, didukung dengan iklim yang bagus serta merupakan jantung industri teknologi di San Fransisco Bay Area, dan pusat industri hiburan di Los Angeles akan selalu menjadi pasar yang sangat diminati untuk pembangunan properti," ungkap Angelica Lie.

Di samping itu, tarif Indonesia yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan produk keramik impor lainnya di AS terutama produk keramik dari China memberikan kesempatan bagi Essenza untuk dapat bersaing secara kompetitif.

"Oleh karena itu, kami memiliki peluang yang cukup baik untuk merealisasikan potensialnya sebagai brand keramik yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif, serta design yang sesuai dengan selera pasar internasional," ungkapnya.

Angelica Lie bersyukur, perusahaan dapat memberikan gebrakan dengan usaha yang maksimal di tengah kondisi pandemi ini.

"Hal ini tak lepas dari dukungan Pemerintah atas industri keramik lewat kebijakan yang dikeluarkan untuk memberikan proteksi bagi kami selaku produsen keramik lokal terhadap harga gas industri dan keramik impor, sehingga harga jual Essenza dapat bersaing dengan harga jual dunia," jelasnya.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved