Breaking News:

PIlkada 2020

Bawaslu Mojokerto Soroti Dugaan Money Politic Video Viral Mobil Berisi Tumpukan Uang Rp 100 Ribu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto menyoroti terkait video viral mobil berisi tumpukan uang pecahan Rp 100.000

Foto Istimewa dan surya.co.id/mohammad romadoni
Screenshot video mobil berisi lembaran uang Rp 100 ribu yang dikabarkan milik salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto (kanan) dan Ketua Tim Pemenangan Paslon IkBar, Santoso (kiri) 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto menyoroti terkait video viral mobil Daihatsu Xenia S 1012 SC yang berisi tumpukan uang diduga milik salah satu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto.

Mobil warna putih itu dalam video berdurasi 31 detik, bertuliskan branding Paslon nomor urut 1 yakni Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (IkBar) yang di dalamnya berceceran uang merah pecahan Rp 100 ribu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Ashat mengatakan belum ada laporan mengenai video yang dimaksudkan.

Meski begitu, dia tetap melakukan investigasi yaitu memanggil pemilik mobil yang bersangkutan ke kantor Bawaslu, Senin (5/10/2020) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kita lakukan investigasi terkait maksud dan tujuan dan akan memanggil yang bersangkutan pemilik mobil untuk klarifikasi sebagai bahan untuk kita kaji lantaran kemarin informasinya dari handphone," ujarnya kepada wartawan, Senin (5/10/2020).

Aris menyebut bagian dari investigasi itu nantinya pemilik mobil dipanggil untuk mengetahui video apakah masuk unsur pelanggaran atau tidak.

"Kita minta keterangan dari bersangkutan kira-kira maksud dalam tujuannya itu apa," ucap dia.

Menurut dia, potensi dugaan adanya money politic masih sangat lemah lantaran belum terjadi.

Sebab, apabila uang dalam mobil kedapatan dibagikan pada masyarakat maka ada pelanggaran ketentuan pidana, pemberi maupun penerima sesuai Pasal 73 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pelanggaran Money Politic.

"Unsur Money Politic harus ada pemberi dan penerima namun dalam video berdurasi singkat tidak ada hal itu dan uang mau dibuat apa juga belum jelas. Sehingga, harus dikaji lebih dalam mobil Timses maupun non Timses lumrah kalau di dalamnya berisi banyak uang," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved