Breaking News:

Berita Malang Raya

Selamatkan Lahan Pertanian, Pemdes Sitirejo Gandeng FISIP UB Rancang Wisata Sawah

Karena itu pemdes sangat ingin lahan pertanian dipertahankan, di sisi lain juga ingin ada nilai ekonomis lainnya agar meningkatkan pendapatan petani.

surya/benni indo
Kepala Desa Sitirejo, Buang Suharja berbincang dengan akademisi FISIP Universitas Brawijaya, Dr Bambang Dwi Prasetyo tentang potensi wisata desa dengan basis persawahan. 

SURYA.CO.ID, MALANG – Pemerintah Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) untuk menginisiasi wisata desa.

Kepala Desa Sitirejo, Buang Suharja (49) membahas wisata berbasis persawahan itu dengan akademisi FISIP, Bambang Dwi Prasetyo.

Buang menjelaskan, konsep wisata desa menjadi pilihan untuk mempertahankan lahan pertanian di desanya. Saat ini lahan pertanian di Desa Sitirejo masih sekitar 50 hektare, tetapi sudah berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.

Menyusutnya lahan pertanian itu terjadi akibat proyek pembangunan rumah. “Lahan di Sitirejo tinggal 50 hektare, yang dulunya hampir 100 hektare. Itu terjadi karena alih fungsi menjadi perumahan. an sisa 50 hektare itu berada di Dusun Lemah Duwur dan Reco,” kata Buang, Minggu (4/9/2020).

Karena itu pemdes sangat ingin lahan pertanian dipertahankan, di sisi lain juga ingin ada nilai ekonomis lainnya agar meningkatkan pendapatan petani. Maka salah satu caranya adalah menjadikan sawah sebagai tempat tujuan wisata.

Dengan menjadi tujuan wisata, Buang yakin dapat menghindarkan potensi alih fungsi lahan pertanian ke perumahan. “Jadi ada nilai pendapatan untuk petani di luar dari hasil pertanian. Tujuannya juga mengurangi alih fungsi permukiman,” paparnya.

Dari luas sawah yang tersisa itu, Desa Sitirejo juga hanya menyisakan sekitar 35 petani. Namun ada juga pihak lain mengelola sawah dengan sistem sewa.

Padahal dilihat dari kondisi wilayah, Desa Sitirejo sangat strategis sebagai penyangga Kota Malang. Sehingga berpotensi mendatangkan wisatawan dari kota yang cenderung ingin melihat pemandangan alam seperti sawah.

Sawah di Sitirejo memiliki pemandangan indah dengan latar belakang pegunungan. Wisatawan nantinya bisa membuka tenda dengan pemandangan matahari terbenam di balik pegunungan.

Lahan pertanian di Sitirejo didominasi oleh padi, selanjutnya diikuti pertanian jagung dan tebu. Buang menginginkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelola dan mengembangkan potensi. Maka ia pun menjalin hubungan dengan FISIP UB.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved