Breaking News:

Citizen Reporter

Media Digital Menjadi Ruang Perlawanan, Sedaring Bentang Bahasa FKIP UST Yogyakarta

Prodi PBS FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (UST) menggelar sarasehan daring (sadaring) bentang bahasa.

Foto: istimewa
BENTANG BAHASA  - Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, H Pardimin dan Siti Rochmiyati membawa Buku Bentang Bahasa: Representasi Budaya Lokal dan Global. 

SURYA.co.id | Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBS) FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (UST) menggelar sarasehan daring (sadaring) bentang bahasa.

Sadaring digelar Selasa, 29 September 2020, dengan pembicara Pardi Siratno dari Balai Bahasa Yogyakarta dan Joko Santoso dari PBSI UST.

Sarasehan dibuka oleh Dekan FKIP Nanang Bagus Subekti yang menyambut baik kegiatan itu.

Walau dalam kondisi terbatas PBSI mampu menghasilkan publikasi bersama berisi empat artikel yang melibatkan 12 penulis.

Buku Bentang Bahasa: Representasi Budaya Lokal dan Global yang memuat materi kedua pembicara juga memuat dua tulisan tim penulis internal PBSI.

Buku itu sebagai persembahan untuk Pardimin yang meraih jabatan akademik profesor dalam bidang ilmu Pendidikan Matematika serta untuk Siti Rochmiyati yang telah meraih gelar akademik tertinggi doktor dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia.

Gelar akademik dan jabatan akademik tertinggi merupakan puncak prestasi yang mendapat pengakuan secara formal dari negara.

Prestasi itu layak mendapat apresiasi dan penghargaan secara akademis. Untuk itulah buku dirancang sebagai persembahan secara akademis bagi yang berprestasi akademis.

Tema “Bentang Bahasa” merujuk pada panggunaan bahasa di ruang publik yang menjadi gejala internasional.

Di Indonesia bahasa di ruang publik tampak mulai penunjuk RT, RW, sampai baliho pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai alat peraga kampanye.

Halaman
1234
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved