Breaking News:

Berita Banyuwangi

Ipuk Fiestiandani Dihadiahi Batik Kuno dari Maestro Batik Banyuwangi

Di Hari Batik Nasional, Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, mendapat hadiah spesial dari maestro batik Banyuwangi, Kulsum.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Maestro batik Banyuwangi, Kulsum membubuhkan tanda tangan di atas batik kuno yang diberikannya untuk Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Jumat (2/10/2020). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Di Hari Batik Nasional, Calon Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, mendapat hadiah spesial dari maestro batik Banyuwangi, Kulsum, Jumat (2/10/2020).

Kulsum memberikan batik kuno khas Banyuwangi berusia puluhan tahun miliknya pada Ipuk. Batik tersebut merupakan pemberian dari Ibunda Kulsum saat dia masih anak-anak.

Sebagai kenang-kenangan, Kulsum membubuhkan tanda tangannya pada batik kuno bermotif gedegan itu.

"Batik ini khusus untuk ibu," kata Kulsum dengan bahasa Banyuwangi yang kental.

Kulsum merupakan maestro batik tulis tradisional Banyuwangi. Di rumahnya di Jalan Bogowonto, Kelurahan Temenggungan, Kecamatan Banyuwangi, Kulsum telah membatik sejak masa penjajahan Jepang.

Sejak sebelum kemerdekaan, Temenggungan merupakan kampung pertama di Banyuwangi yang menjadi sentra pembuatan batik tulis khas Banyuwangi.

Bisa disebut Temenggungan merupakan kampung penghasil perajin batik di Banyuwangi.

Temenggungan disebut sebagai kampung batik, ketika desa lainnya belum memiliki perajin batik.

Mulai dari buyut, nenek, hingga orangtua Kulsum merupakan perajin batik. Kini hanya tinggal Kulsum satu-satunya yang masih mempertahankan pembuatan batik tulis secara tradisional di Temenggungan, karena banyak rekan seangkatannya yang telah meninggal dunia.

"Turun temurun keluarga saya pembatik. Temenggungan sini juga dulu banyak sekali perajin batik, tapi mungkin tinggal saya yang masih menggunakan cara kuno seperti ini," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved