Breaking News:

Lifestyle

Hari Batik Nasional, Dosen UC Surabaya Luncurkan Batik Pesisir, Ungkap Makna Kecantikan Wanita

Dosen Fashion Product Design & Business Universitas Ciputra Surabaya Enrico memperkenalkan batik pesisir berjudul Karya Elok Penggalih Luhur.

surya.co.id/zainal arif
BATIK PESISIR - Dosen Fashion Product Design & Business Universitas Ciputra Surabaya Enrico memperkenalkan batik pesisir yang dikenakan model Clara Sinta di Pantai Payangan Jember, Jumat (2/10/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Di hari spesial ini, dosen Fashion Product Design & Business Universitas Ciputra Surabaya Enrico memperkenalkan batik pesisir berjudul Karya Elok Penggalih Luhur.

Makna dari tema ini  adalah cantik dengan sifat dan karakter berbudi luhur.

Batik tersebut memiliki arti tentang sepasang burung Feng Huang identik dengan karakter perempuan yang memiliki kecantikan abadi.

"Arti sepasang dari burung Feng Huang yang berhadapan adalah pertemuan dari karakter-karakter yang ada di dalam pribadi seorang perempuan dan menghasilkan sifat baik dan berbudi luhur," kata Enrico, Jumat (2/10/2020).

Motif bunga lily putih dalam motif Elok Penggalih Luhur seakan dilambangkan sebagai lambang kesucian dari karakter perempuan.

"Semua perempuan digambarkan selalu memiliki kecantikan dari dalam diri masing-masing (inner beauty)," terang pria yang memiliki karya busana muslim di Road to Fesyar Jember 2020 ini.

Dalam proses pembuatannya, Batik tulis di sketsa di kertas karkir terlebih dahulu, kemudian dijiplak di kain katun primisima, dicanting, di warna, di lorot, dan diulang lagi proses pewarnaannya.

Enrico mengaku lewar karyanya ini ingin menyampaikan pesan kepada perempuan untuk menyeimbangkan antara kecantikan fisik dan kecantikan dari dalam adalah perempuan cantik seutuhnya.

"Sebaliknya jika sudah memiliki fisik yang rupawan, dan didukung oleh sifat-sifat yang baik terhadap dirinya dan sekitarnya tentunya akan dinilai masyarakat sebagai pribadi yang berbudi luhur," ungkap artisanal fashion designer dari brand Enrico Ho Official ini.

Di momen hari batik nasional ini, Enrico berharap agar masyarakat indonesia selalu mencintai warisan budaya Indonesia dari nenek moyang yang terus dilestarikan.

"Banyak sejarah budaya Indonesia bisa dieksplor untuk terus dikembangkan. Dari niat dan aktivitas-aktivitas pengembangan dapat mengangkat perekonomian Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang kaya dengan SDM perajin kain tradisional," pungkasnya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved