Breaking News:

Berita Banyuwangi

Harapan Pegiat Batik Banyuwangi di Hari Batik Nasional

Di momen hari batik nasional, para pegiat batik di Banyuwangi mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai kain batik.

surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Event Banyuwangi Batik Festival tahun 2018 & 2019 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Di Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, para pegiat batik di Banyuwangi mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai kain batik. Batik Banyuwangi dikenal dengan motif yang kuat karena nilai filosofi di baliknya.

Salah satunya dilontarkan oleh Olivia Gunawan, seorang model pencinta kain batik. Sebagai generasi milenial, dirinya merasa bangga Banyuwangi memiliki warisan budaya batik yang khas.

Model yang berhasil menjadi Miss Tourism and Culture Universe 2019 ini mengajak anak muda untuk mencintai batik dengan cara bangga mengenakannya.

“Di mata saya, batik Banyuwangi memiliki banyak motif. Bisa dikenakan dengan elegan, mahal, dan model casual juga bisa,” harap Olivia.

Olivia lalu mengajak anak muda untuk tidak malu memakai busana batik, yang dahulu identik dengan pakaian kuno. Apalagi, sejak ada event Banyuwangi Batik Festival yang rutin dihelat Pemkab Banyuwangi sejak 2013, motif dan desain batik daerah terus berkembang. Desainer batik juga tumbuh.

"Jadi saya berharap anak muda pun tetap bangga memakai batik. Sekarang desainnya sudah berkembang kreasinya," ujarnya.

Pembatik Banyuwangi menyebut Hari Batik menjadi momen yang tepat untuk mengingatkan kembali masyarakat lebih mengenal dan mencintai batik.

Firman Sauqi, Ketua Asosiasi Pengrajin Batik Banyuwangi mengatakan lewat dukungan pemerintah dan sejumlah elemen, saat ini perkembangan batik di Banyuwangi sangat pesat. Menurut dia, pengrajin batik di Banyuwangi saat ini tidak hanya menciptakan motif batik berfilosofi, namun juga batik fashion modern.

“Alhamdulillah saat ini terdapat 32 kelompok pembatik yang tergabung dalam asosiasi kami, ditopang dengan dua SMK jurusan batik,” katanya.

Menurut Firman, industri membatik cukup menjajikan untuk digeluti. Sebab selain dapat melestarikan budaya, membatik dapat menjadi bisnis yang meningkatkan ekonomi masyarakat. Terlebih budaya dan wisata Banyuwangi telah cukup dikenal ditingkat nasional hingga mancanegara.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved