Breaking News:

Penanganan Covid

Ekosistem Digital Gojek Dukung Ketahanan Ekonomi Surabaya selama Pandemi Covid-19

Layanan digital pelaku UMKM melalui Gojek kini mampu mendukung ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kota Surabaya.

Foto: gojek untuk surya.co.id
Layanan digital pelaku UMKM melalui Gojek kini mampu mendukung ketahanan ekonomi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA – Layanan digital pelaku UMKM melalui Gojek kini mampu mendukung ketahanan ekonomi selama pandemi COVID-19 di Kota Surabaya.

Solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Kota Pahlawan ini beradaptasi, sehingga bisa bertahan di situasi pandemi.

Salah satunya melalui kemudahan migrasi UMKM dari offline ke online, atau mempercepat UMKM untuk go digital.

Sebelum pandemi, mitra Gojek dari lima layanan GoFood, GoPay, GoSend, GoCar, dan GoRide berkontribusi Rp12,1 triliun pada ekonomi Kota Surabaya pada 2019.

Bila menggunakan metode perhitungan pendapatan domestik regional bruto (PDRB), nilai produksi di ekosistem digital Gojek selama 2019 mencapai Rp15,7 triliun atau setara dengan 2,9 persen PDRB Kota Surabaya.

Ini diungkapkan dalam hasil riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (singkatnya LD) yang berjudul, “Peran Ekosistem Digital Gojek di Ekonomi Surabaya Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19.”

Dr. Alfindra Primaldhi, Peneliti LD memaparkan, riset ini menunjukkan pentingnya peran ekosistem ekonomi digital dalam membantu UMKM, khususnya usaha mikro, untuk bertahan di masa pandemi.

Salah satu adaptasi itu adalah adanya perubahan usaha dari yang sebelumnya tradisional menjadi usaha digital.

"Dari riset ini terlihat para pelaku usaha cukup realistis melihat dampak panjang dari pandemi. Mereka optimis dengan berada di ekosistem digital, usaha mereka dapat tumbuh kedepannya, dan penghasilan mereka kembali seperti sebelum pandemi," papar Alfindra.

Riset menemukan 69% mitra GoFood yang disurvei baru bergabung saat pandemi COVID-19 (sejak Maret 2020). Di antara mitra tersebut, 95% adalah pengusaha skala mikro.

Halaman
123
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved