Breaking News:

FESyar 2020 Regional Jawa Digelar Virtual, Tantangan Tersendiri bagi BI Jatim

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2020 digelar Bank Indonesia secara bertahap dan virtual.

Foto: bi jatim
Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2020 Regional Jawa digelar secara virtual. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2020 digelar Bank Indonesia secara bertahap dan virtual.

Untuk wilayah Jawa, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI KPw Jatim) ditunjuk sebagai tuan rumah dan telah mempersiapkan kegiatan yang akan berlangsung mulai 5 Oktober hingga 10 Oktober tersebut.

Difi Ahmad Johansyah, Kepala BI KPw Jatim, mengatakan, kegiatan ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila sebelumnya secara pameran di Grand City Convention Hall, tahun ini dilakukan secara virtual.

"Dan ini cukup menjadi tantangan bagi kami. Namun ini memang harus dilakukan, mengingat potensi ekonomi syariah ini masih cukup besar, baik secara regional hingga global," kata Difi saat temu media secara virtual, Rabu (30/9/2020).

FESyar Virtual 2020 ini bertema Akselerasi Peran Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional.

Merupakan FESyar regional ketiga secara nasional, setelah sebelumnya digelar untuk regional Kawasan Indonesia Timur (KTI) dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah. Dan regional Sumatera, dengan Sumatera Barat sebagai tuan rumahnya.

"Sementara regional Jawa, tuan rumahnya adalah Jatim, dengan peserta mulai dari Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta dan Jatim," jelas Difi.

Diakui Difi, kontribusi ekonomi syariah di Jawa sangat besar. Hal itu tak lepas dari keberadaan jumlah pesantren yang juga besar.

Namun diakui Difi, spesifikasi dari tujuan FESYar virtual kali ini ada dua hal. Yaitu peningkatan pembiayaan berbasis syariah dan pemulihan ekonomi ditengah pandemi saat ini.

"Karena itu dalam FESyar kali ini kami ada edukasi kepada buyer-buyer tradisional yang belum menggunakan digital order dan digital payment," jelas Difi.

Mereka merupakan buyer langganan yang memiliki transaksi yang lumayan besar. Sehingga perlu mendapatkan edukasi ini.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved